Pemkab Kobar Duduki Peringkat Pertama Capaian Penyelesaian TLRHP 98,89 Persen

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 22 Maret 2022 12:00WIB
Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyerahkan LKPD kepada Kepala BPK RI Perwakilan Kalteng, Agus Priyono.

Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah, menyerahkan Laporan Keuangan Pemeintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Penyerahan laporan keuangan (anaudited) dilaksanakan pada Jum’at (18/3), lalu bertempat di Auditorium BPK Perwakilan Kalteng Palangka Raya. Kegiatan ini didasari oleh Undang-undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dimana di pasal 56 ayat 3 yang mengamanatkan bahwa Gubernur/Bupati/Walikota menyampaikan laporan keuangan kepada BPK paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Selain Bupati Kobar, dalam kegiatan ini juga diserahkan laporan keuangan oleh kepala daerah dari 14 kabupaten / kota se-Kalteng.

Kepala BPK Perwakilan Kalteng Agus Priyono, CSFA menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah (pemda) se- Kalteng yang telah menyerahkan LKPD Tahun Anggaran 2021 tepat waktu.

Pemeriksaan atas LKPD merupakan jenis pemeriksaan keuangan yang dilakukan oleh BPK dengan tujuan memberikan pernyataan opini tentang tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam LKPD.

“Selama tiga tahun terakhir (2018 – 2020), 14 Pemda memperoleh opini WTP dan dapat mempertahankannya, BPK mengharapkan Pemerintah Daerah telah menindaklanjuti rekomendasi dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ditemukan dalam pemeriksaan sebelumnya khususnya yang bisa berdampak pada penyajian Laporan Keuangan, seperti temuan terkait pengelolaan aset tetap, “ kata Agus.

Dalam kesempatan ini Agus juga mengepresiasi pemda yang telah merespon Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) sampai semester II 2021. Dimana dari keseluruhan entitas di wilayah Kalteng, Pemkab Kobar menduduki peringkat pertama atas capaian penyelesasian TLRHP dengan angka 98,89 % penyelesaian.

Atas kinerja ini, Bupati Kobar Hj. Nurhidayah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajarannya. “Kita terus mendorong untuk memberikan kinerja terbaik, termauk dalam hal pelaporan keuangan, terima kasih atas seluruh tim yang telah bekerja sama dalam mewujudkannya,” kata Hj. Nurhidayah. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemprov Segera Launching Logo Resmi Hari Jadi Ke 67 Provinsi Kalteng Tahun 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan segera me-launching logo Hari Jadi Ke-67 Provinsi Kalteng…