Pemkab Pulang Pisau Terima Penghargaan KIP Peringkat III Kategori Informatif

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 25 November 2022 18:25WIB
Sekda Pulpis Tony Harisinta menerima penghargaan dari Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau mendapat penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah Atas Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2022 Kategori PPID Utama Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Tengah Peringkat III kategori Informatif Dalam Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sekretaris Daerah Pulang Pisau Tony Harisinta mewakili Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menerima penyerahan penghargaan langsung dari Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo pada malam acara penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Kalimantan Tengah, di Ballroom Hotel M Bahalap Palangka Raya, Kamis (24/11/2022).

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo dalam sambutanya mengatakan, keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, termasuk kedaulatan informasi.

“Pengelolaan keterbukaan informasi publik dilakukan dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat, guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan,” ucapnya

Hal tersebut diwujudkan melalui berbagai inovasi, khususnya adaptasi dengan teknologi informasi yang harus semakin meningkat, sebab publik juga semakin mendorong adanya layanan yang cepat, mudah, dan murah.

“Hasil penilaian ini juga diharapkan menjadi sarana introspeksi semua sarana badan publik untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik,” terangnya.

Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyudha mengajak Kalteng untuk ikut menggelar keterbukaan informasi publik di level Desa. Menurutnya, orang yang tinggal di pelosok memiliki kesempatan terhadap akses informasi yang sama dengan mereka yang sudah kuliah atau level perguruan tinggi negara maju.

“Kalau keterbukaan publik terus didukung, mudah-mudahan 10 desa informatif di tahun depan itu, salah satu modelnya ada di Kalteng,” tegasnya.

Ketua Komisi Informasi Kalteng Mukhlas Roziqin menyampaikan, Komisi Informasi terus melakukan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik pada badan publik.

“Tujuannya sebagai sarana memantau dan menilai pelaksanaan keterbukaan informasi publik, serta mengukur tingkat kepatuhan badan publik terhadap Undang-Undang,” jelasnya.

Sekda Pulpis Tony Harisinta mengapresiasi kepada seluruh pihak terkait karena pada tahun 2022, Pemkab Pulang Pisau meraih peringkat III “Informatif” yang mana pada tahun sebelumnya Kabupaten Pulang Pisau mendapatkan peringkat “Menuju Informatif” pada tahun 2021 dalam hal Keterbukaan Informasi Publik.

Kepala Diskominfostandi Moh. Insyafi mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Pulang Pisau serta Sekretaris Daerah dalam hal pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik yang ada di Kabupaten Pulang Pisau

“Kami mengucapkan terimakasih kepada ibu bupati, bapak Sekda yang telah memberikan arahan petunjuk sehingga kita mampu melaksanakan koordinasi dengan para Perangkat Daerah. Ini adalah kerja kita bersama yang pada tahun 2022 bisa meraih kategori Informatif dalam hal keterbukaan Informasi dan ini menjadi kebanggaan bagi wilayah Kabupaten Pulang Pisau Bumi Handep Hapakat,” katanya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kalteng Raih Penghargaan One MAP Policy Summit 2024

Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima penghargaan One Map Policy Summit 2024, diserahkan Menteri Koordinator Bidang…