Pemko Palangka Raya dan Bank Kalteng Tanda Tangani Perjanjian Kerja Sama Penerbitan KKPD

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Senin, 8 April 2024 14:18WIB
Penandatanganan perjanjian kerja sama penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Aula Peteng Karuhei I Kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa (2/4/2024)

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerh Bersama Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah (Bank Kalteng) Cabang Utama Palangka Raya menandatangani perjanjian kerja sama penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Aula Peteng Karuhei I Kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa (2/4/2024).

Perjanjian kerja sama ini merupakan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan APBD dan sebagai tindak lanjut Surat Edaran Kemendagri Nomor 903/5286/Sj tentang implementasi penggunaan KKPD pada Pemerintah Daerah dan Provinsi.

Perjanjian kerja sama ini juga merupakan salah satu bentuk nyata komitmen Pemerintah Kota Palangka Raya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah serta mewujudkan transkasi nontunai belanja barang/jasa dan Belanja Modal dalam Pelaksanaan APBD.

Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, perjanjian kerja sama antara Pemko Palangka Raya dengan BPD Kalteng merupakan pedoman dalam penggunaan/penyelenggaraan kartu kredit Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan APBD.

“Ruang lingkupnya antara lain penerbitan KKPD, tata cara penggunaan KKPD, jaminan pembayaran terhadap pemakaian/penggunaan KKPD oleh Pemegang KKPD sesuai dengan ketentuan yang berlaku, penerbitan tagihan e-billing, dan pemberian layanan atas penggunaan penyelenggaraan KKPD,” ucapnya.

Melalui perjanjian kerja sama ini lanjut Hera, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang dapat membantu Pemerintah Daerah agar pelaksanaan penggunaan/penyelenggaraan KKPD dalam Pelaksanaan APBD khususnya penggunaan uang persediaan (UP) dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

”Saya atas nama Pemerintah Kota Palangka Raya menyambut baik kerjasama yang diprakarsai oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Pemerintah Kota Palangka Raya ini, karena dengan adanya kerjasama ini merupakan suatu kemajuan dan merupakan hal yang sangat positif dalam efektifitas pengelolaan keuangan pada tingkat daerah,” ucapnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…