Pemko Palangka Raya Tetapkan 8 Titik Lokasi Pasar Ramadan 1444 H

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Sabtu, 11 Maret 2023 09:12WIB
Rapat penetapan titik / lokasi Pasar Ramadan 1444 H di Kota Palangka Raya

Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) menetapkan delapan titik lokasi Pasar Ramadan 1444 Hijriah.

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Samsul Rizal mengatakan berdasarkan hasil rapat bersama dengan Kecamatan, Kelurahan dan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) di daerah setempat, untuk sementara ditetapkan delapan titik lokasi Pasar Ramadan 1444 Hijriah.

Delapan lokasi tersebut antara lain;

  • di Jalan Tjilik Riwut Km 1 tepatnya Pasar kahayan,
  • Jalan Yos Sudarso samping Stadion Mini Universitas Palangka Raya,
  • AIS Nasution,
  • Bali,
  • Sultan Hasanudin samping masjid Al Husna
  • Yos Sudarso tepatnya di Pasar Datah Manuah,
  • Pasar Rajawali
  • dan Hotel Swiss Bell Danum.

Dikatakannya, berdasarkan data jumlah para pedagang yang akan mengisi lapak Pasar Ramadan mencapai ratusan. “Untuk lokasi Jalan AIS Nasution saat ini 80 pedagang, Pasar Kahayan ada 26 pedagang, Yos Sudarso ada 28 pedagang, Jalan Bali ada 30 pedagang dan di Jalan Sultan Hasanudin ada 25 pedagang,” jelasnya.

Sedangkan sisanya jumlah masih dilakukan pendataan pedagang oleh pengelola Pasar Ramadan di daerah setempat.

“Menurut perkiraan puasa Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023 dan pasar Ramadan akan dibuka langsung oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin secara simbolis, rencananya Pasar Ramadan di Jalan AIS Nasution,” ucap Samsul, Jumat (10/3/2023).

Para pedagang sebelum mulai berjualan akan diberikan pembinaan oleh petugas dari Balai Besar Pengawasan Obat dan makanan (BBPOM) di Palangka Raya.

“Nantinya para pedagang akan diberikan pembinaan oleh petugas dari BBPOM di Palangka Raya. Tujuannya agar makanan yang disajikan untuk masyarakat tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan masyarakat saat mengonsumsinya,” jelasnya.

Samsul Rizal juga memperkirakan bahwa peningkatan ekonomi daerah pada tahun ini akan lebih  tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…