Pemprov Kalteng dan ITS Tanda Tangani Kesepakatan Bersama untuk Wujudkan SDM Unggul

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Kamis, 22 Februari 2024 17:11WIB
Pemprov Kalteng melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan ITS Surabaya untuk mewujudkan SDM Unggul, bertempat di Ruang Sidang Senat, Lantai II Gedung Rektorat ITS Surabaya, Kamis (22/2/2024)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng H. Nuryakin, Pelaksana Harian (Plh.) Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalteng yang juga Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintah, Hukum, dan Politik Herson B. Aden, serta Kepala OPD Provinsi Kalteng hadir dalam kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama tersebut.

Kesepakatan bersama kali ini merupakan langkah awal untuk menjajaki lebih dalam peluang-peluang kerja sama strategis, meliputi bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), serta bidang-bidang lainnya.

“Kualitas SDM unggul dan dukungan riset teknologi menjadi sebuah keharusan agar kami mampu mengelola kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) secara optimal dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah,” kata Wagub Kalteng Edy Pratowo dalam sambutannya pada acara yang digelar di Ruang Sidang Senat, Lantai II Gedung Rektorat ITS Surabaya pada Kamis (22/2/2024).

Kalteng, kata Wagub Edy Pratowo, sebagai daerah penyangga utama untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) hendak menangkap berbagai peluang untuk pengembangan pembangunan ke depan.

“Ini tentunya peluang bagus yang harus mampu kami tangkap guna memacu percepatan pembangunan dan perekonomian daerah,” ungkapnya.

Apalagi, Motto baru ITS, yakni Advancing Humanity atau Memajukan Kemanusiaan, sangat relevan dengan komitmen dan harapan untuk benar-benar mempersiapkan SDM Kalteng yang berkualitas dan sekaligus mendukung pengembangan riset dan teknologi.

Dilatarbelakangi hal-hal tersebut, Pemprov Kalteng menilai sangat penting untuk melakukan kesepakatan bersama dengan ITS yang seperti diketahui merupakan salah satu perguruan tinggi sains dan teknologi terbaik di Indonesia.

“Dengan dukungan dan kerja sama dari ITS, kami berharap kesepakatan ini akan memberikan daya dorong terhadap penelitian dan pengembangan potensi sumber daya yang dimiliki Daerah Kalimantan Tengah,” harapnya.

Kajian penelitian tersebut akan menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Daerah dalam memutuskan Kebijakan Berbasis Bukti untuk mengoptimalkan potensi-potensi daerah, pemerataan kualitas SDM, dan peningkatan ekonomi lokal.

Lebih lanjut, kata Wagub Edy Pratowo, strategi kerja sama ini diharapkan dapat mendongkrak percepatan program-program pembangunan di segala sektor, sehingga manfaat pembangunan betul-betul dirasakan masyarakat  Kalteng.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, kami pun siap menjadi fasilitator kerja sama antara perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Kalimantan Tengah dengan ITS Surabaya,” tuturnya.

Sementara itu, Plh. Rektor ITS Bambang Pramujati dalam sambutannya mengatakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) menjadi langkah awal untuk kerja sama selanjutnya.

“Apa yang kita lakukan bisa menjadi langkah awal kita bisa menjalin kerja sama riil kedua belah pihak, sehingga saling membangun antara ITS dan Kalimantan Tengah,” tandasnya.

Plh. Rektor ITS didampingi Sekertaris ITS Umi Laili Yuhana, Direktur Kerja Sama dan Pengelolaan Usaha Tri Joko Wahyu Adi, dan Manajer Senior Pengelolaan Kerja Sama Farida Rachmawati. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kongres Dunia SUBUD Ke-16 di Palangka Raya

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo Hadiri dan Membuka acara Kongres Dunia…