Pemprov Kalteng Gelar Penajaman dan Harmonisasi Program Prioritas Pembangunan Tahun 2025

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Kamis, 25 April 2024 18:53WIB
Pemprov Kalteng Gelar Penajaman dan Harmonisasi Program Prioritas Pembangunan Tahun 2025

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar kegiatan Penajaman dan Harmonisasi Usulan Program Prioritas Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota Tahun 2025. Forum ini merupakan rangkaian lanjutan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalteng Tahun 2024.

Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo membuka secara resmi kegiatan Penajaman dan Harmonisasi Usulan Program Prioritas di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur, Kota Palangka Raya, Kamis (25/4/2024).

“Forum ini merupakan salah satu langkah penting dan strategis, untuk kita bersama-sama melakukan Penajaman dan Harmonisasi Usulan Program dan Kegiatan Prioritas Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2025,” tutur Wagub Edy Pratowo dalam arahannya.

Ditegaskan oleh Wagub, harmonisasi penyusunan program kegiatan prioritas Provinsi, kabupaten/kota, dan Pusat pada tahun 2025 ini sangat penting, sebagai titik awal pembangunan 20 tahun ke depan, seperti dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kalteng Tahun 2025-2045.

Oleh karena itu, Wagub berharap sinergi solid Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, agar pembangunan dapat berjalan optimal, efektif, efisien, dan tepat sasaran. Pemerintah Kabupaten/Kota pun diminta untuk memetakan program-program prioritas apa saja di masing-masing daerah di tahun 2025 atau sampai 2045.

Wagub selanjutnya menerangkan bahwa, berbagai program kegiatan prioritas pembangunan yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, baik kepada Pemerintah Provinsi maupun Pusat, agar nanti dilengkapi dengan daya dukung foto dan gambar rencana dan kondisi saat ini.

Wagub kemudian menekankan bahwa, usulan program-program prioritas pembangunan itu hendaknya berdasarkan isu strategis dan faktual yang menjadi kebutuhan daerah, sehingga nanti manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat. “Kegiatan yang diusulkan merupakan kegiatan yang berdampak besar bagi Kabupaten, Provinsi, dan Nasional,” tegasnya.

Menutup arahannya, Wagub mengucapkan selamat melaksanakan diskusi, “Kami sekali lagi berharap kegiatan ini benar-benar memberikan nilai manfaat dan kebaikan, tentunya juga merupakan bentuk kerja sama administrasi dari kita dalam menyelesaikan tugas-tugas untuk pembangunan di Kalimantan Tengah,” pungkas Wagub Edy Pratowo. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…