Pengangkatan Pj Kades Jangan Dari Guru

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 24 Mei 2022 16:17WIB
Arahman

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan agar pengangkatan Pj Kepala Desa (Kades) di wilayah setempat tidak dari tenaga pendidik atau guru.

Anggota DPRD Seruyan Arahman mengatakan, hal ini bertujuan untuk menghindari kekurangan atau kekosongan tenaga pendidik di sekolah-sekolah yang ada di Bumi Gawi Hatantiring, dimana tidak bisa dipungkiri dengan jumlah tenaga pendidik yang ada saat ini masih sangat terbatas.

“Berdasarkan pantauan kami, pengangkatan Pj Kades itu kebanyakan diambil dari tenaga pendidik, dan ini menurut saya sangat tidak elok sekali, sementara kita di Seruyan kekurangan guru,” ujarnya di Kuala Pembuang.

Politikus Partai Demokrat itu menyampaikan, bahwasanya saat ini sekitar 40 lebih desa di Seruyan masih belum melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sehingga kekosongan jabatan tersebut sementara diisi oleh Pj Kades dan sebagian Pengganti Antar Waktu (PAW).

Dari jumlah demikian, tidak sedikit menurutnya dari Pj Kades itu dari latar belakang seorang tenaga pendidik, sehingga ia berharap ini menjadi evaluasi oleh dinas terkait terlebih kepala daerah yang mengambil keputusan.

“Kita kan tau, saat ini banyak sekolah di Seruyan terutama di pelosok memerlukan tambahan tenaga pendidik, oleh karena itu lebih eloknya pemerintah memikirkan bagaimana cara menambah guru bukan malah mengurangi,” pungkasnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Logo HUT Ke 67 Provinsi Kalteng 2024 Diluncurkan

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Kalteng, diluncurkan dilakukan secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub)…