Pengembangan Destinasi Wisata Alam Berbasis Kearifan lokal Jadi Perhatian Provinsi

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Sabtu, 5 November 2022 17:41WIB
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Hj Adiah Chandra Sari berada di Dermaga Kereng Bangkirai

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Adiah Chandra Sari melakukan kunjungan ke Dermaga Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya, Kamis (3/11/2022) lalu.

Adapun kunjungannya tersebut didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kota Palangka, Iin Hendrayati Idris.

Kepala (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Adiah Chandra Sari menyebutkan bahwa kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut arahan Gubernur Propinsi Kalimantan Tengah dalam rangka pengembangan destinasi wisata alam berbasis kearifan lokal dan kelestarian kawasan hutan

Dikatakannya, bahwa Kereng Bangkirai, merupakan desa penyangga Taman Nasional (TN) Sebangau dan menjadi salah satu target yang terus menjadi prioritas Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah serta Kota Palangka Raya. Penyelenggaraan wisata alam ini sebagai bagian tak terpisahkan dari upaya pemberdayaan masyarakat dengan penyediaan peluang-peluang bekerja.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kota Palangka, Iin Hendrayati Idris menyampaikan terimakasih atas kunjungan pihak provinsi tersebut, harapannya Pemprov Kalteng dan Pemko Palangka Raya dapat mengembangkan destinasi wisata yang ada di Kota Palangka Raya.

“Harapan saya tentunya ke depan destinasi wisata alam berbasis kearifan lokal di Kereng Bangkirai ini dapat terus berkembang. Sehingga dapat menarik wisatawa-wisatawan asing yang mana hal ini akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi di kota Palangka Raya,” kata Iin.

Dalam kunjungan ini dilakukan diskusi langsung di atas kapal terapung bersama pejabat OPD terkait, perwakilan TN Sebangau, Ketua Pokdarwis Kereng Bangkirai, serta perwakilan pelaku wisata.

Adapun objek pembahasannya terkait penggalian informasi pengembangan destinasi di Kereng Bangkirai seperti misalnya status area/lahan, upaya penataan parkir perahu, pembukaan fasilitas/wahana atraksi wisata baru, penyediaan infrastruktur alternatif guna menambah daya tampung pengunjung dan sebagainya.

Hasil diskusi ini sebagai bahan kajian dan kemudian didokumentasikan dalam rancangan pengembangan. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…