Perusahaan Tambang yang Beroperasi di Barito Timur Wajib Bantu Perpustakaan Desa

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 5 April 2022 15:52WIB
Diskusi yang dilaksanakan Dinas ESDM Provinsi Kalteng terkait Perpustakaan Daerah dengan sektor usaha pertambangan.

Perusahaan pertambangan yang beroperasi di Kabupaten Barito Timur wajib membantu perkembangan perpustakaan desa.

Kewajiban tersebut telah tertuang dalam hasil kesepakatan bersama antara Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral  Provinsi Kalimantan Tengah dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah dan 6  Kabupaten, dalam forum diskusi group kerjasama bidang perpustakaan dengan sektor usaha bidang pertambangan, di Aula Dinas Perpustakaan dan  Kearsipan  Propinsi Kalimantan Tengah, Senin (4/4/2022)

“Dengan kesepakatan tersebut kami harapkan perusahaan tambang di Kabupaten Barito Timur ikut membantu perpustakaan di desa yang berada di ring 1,” terang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Barito Timur Drs. Frindiano Leloni, MM melalui Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Barito Timur Supadi, S.Sos, MM, Selasa (5/4/2022).

Dijelaskan Supadi, hasil kesepakatan tersebut bertujuan untuk menyukseskan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah menuju Kalteng semakin Berkah pada bidang perpustakaan.

Supadi menjelaskan perpustakaan desa saat ini berupaya untuk bertaransformasi, namun upaya tersebut membutuhkan dukungan dari berbagai pihak khusunya sektor usaha bidang pertambangan yang saat ini banyak berdiri di Barito Timur.

“Salah satu poin kesepakatannya adalah perusahaan pertambangan memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensi  dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan berusaha, melindungi dan memperjuangkan budaya dan hak asasi manusia,” papar Supadi.

Mantan Camat Raren Batuah dan Dusun Timur ini juga menjelaskan saat ini perpustakaan umum/desa tidak hanya menjadi tempat meminjam buku saja. Akan tetapi sudah menjadi tempat melakukan berbagai kegiatan dan pelatihan, transfer ilmu pengetahuan, penambahan skil dalam teknologi dan informasi.

“Kegiatan yang berorentasi pada peningkatan skil dan kemampuan contohnya pemberdayaan masyarakat desa, belanja modal seperti pembuatan bumbu dapur sampai dengan pengemasan, pelatihan computer dasar bagi pelajar/umum,” terang Supadi.

Lebih jauh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Barito Timur ini mengatakan kegiatan forum diskusi group kerjasama bidang perpustakaan dengan sektor pertambangan di Palangka Raya sangat baik.  Dia berharap hasil kesepakatan dapat dilaksanakan di Barito Timur. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemko Palangka Raya – PT PLN (Persero) UIW Kalselteng Tandatangani Kerja Sama

Pemerintah Kota Palangka Raya dan PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan…