Pj Bupati Barsel Sidak Pasar Pantau Harga Sembako Jelang Ramadan 1445 H

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Jumat, 8 Maret 2024 15:50WIB
Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan sidak di Pasar Beringin Buntok

Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel), H. Deddy Winarwan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar Subuh, Pasar SAIK dan Pasar Beringin serta Pasar Terowongan Buntok untuk memantau harga sembilan bahan kebutuhan pokok saat Ramadan 1445 Hijriah, Jum,at (07/03/2024).

Ikut dalam Sidak tersebut Plh. Sekretaris Daerah Kab. Barsel (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Barsel) Rahmat Nuryadin, Kepala Disperindagkop Kab.Barsel Swita Minarsih, Kepala DSPMD Kab. Barsel Selvy Riyatmi, Plt. Kepala Diskominfo Kab.Barsel Mario Aan, Plh. Kadis Kesehatan Kab.Barsel Endang Sugiarti, Plt. Kadis Nakertran Supian Arifin, Sekretaris BPKAD Kab. Barsel Adriansyah, Sekretaris PUPR Bilivsion, Sektretaris Satpol PP dan Damkar Setda Barsel Tuntung Tulus, Camat Dusun Selatan Evi Kusuma Wardhani, Lurah Buntok Kota Karunia Ardhi Trisnanto serta Lurah Hilir Sper Zulkarnain Masdipura. 

Pj Bupati Barsel H. Deddy Winarwan beserta Rombongan saat Sidak Pasar Subuh Buntok

Kami sengaja melakukan sidak untuk mengetahui langsung baik ketersediaan barang kebutuhan pokok maupun harga di tingkat pedagang, ujar Deddy saat sidak di Pasar SAIK.

Berdasarkan pantauan kami harga bahan pokok cenderung naik diantaranya minyak goreng curah, beras, gula, tepung, bawang merah, ikan dan ayam. Sementara daging sapi dan sayur-sayuran hijau masih stabil, jelas Deddy.

“Informasi dari pedagang, untuk minyak goreng curah cenderung naik namun stok ditingkat pedagang kosong, demikian pula dengan daging ayam potong pada tingkat distributor mengalami kenaikan namun dikarenakan rendahnya daya beli masyarakat sehingga para pedagang tidak menaikan harga jual ayam,”ungkap Deddy.

Pj Bupati Barsel H. Deddy Winarwan dan Rombongan saat Sidak Pasar SAIK Buntok 

Tugas pemerintah daerah memantau dan menjaga stabilitas harga sembako menjelang hari-hari besar keagamaan.

Dengan kondisi seperti ini  Pemkab Barsel bekerja sama dengan Bulog pada hari Minggu tanggal 9 Maret 2024 akan menggelar operasi pasar murah agar bisa mulai menstabilkan harga – harga yang mengalami kenaikan, tambahnya.

Ia mengatakan harga bahan pokok di pasaran tergantung permintaan dari masyarakat karena sesuai hukum pasar jika permintaan banyak dan barang sedikit maka harga akan naik.

Untuk itu kami mengimbau masyarakat tidak melakukan aksi borong karena apabila permintaan banyak dan barang kosong maka harganya akan naik dan susah mendapatkan barang, pungkas Deddy.

Salah seorang pedagang sembako  Pasar Beringin H. Imis mengatakan harga berbagai jenis sembako mulai mengalami kenaikan beriringan dengan pembelian yang tidak mengalami peningkatan.

Biasanya menjelang Idul Fitri harganya bisa naik lagi, semoga kenaikan harga ini bisa ditekan sehingga seluruh harga bisa stabil, tutupnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…