PLN Percepat Penormalan Suplai Listrik di Kalimantan Tengah

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 13 Oktober 2022 08:51WIB
Petugas PLN Kalslteng berusaha menormalkan jaringan yang alami gangguan

Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) mempercepat penormalan suplai di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Untuk mempercepat pemulihan, PLN telah menerjunkan tiga tim pemelihara, dan satu unit tim khusus Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB),” kata Manajer Komunikasi PLN UIW Kalselteng, Winardi melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Kamis (13/10/2022).

Dikatakan, penormalan itu dilakukan pihaknya karena adanya pohon tumbang yang menimpa menara transmisi. Kondisi itu terjadi karena hujan intensitas tinggi disertai angin dan petir yang mengguyur sebagian wilayah Kalimantan Tengah.

“Kondisi itu yang membuat terhentinya pasokan listrik pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) pada jalur transmisi Kasongan-Parenggean-Sudan,” katanya.

Dia mengatakan, saat ini petugas PLN sedang berjibaku melakukan penyesuaian sistem kelistrikan kembali. Secepatnya saat suplai kembali normal, suplai listrik pelanggan akan segera tersalurkan kembali.

Winardi memohon maaf kepada seluruh pelanggan PLN di Provinsi Kalimantan Tengah, karena kondisi tersebut berakibat pada terganggunya suplai listrik di sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kami sangat menyesal atas kejadian tidak terduga ini, sehingga mengakibatkan terhentinya suplai listrik sebagian pelanggan PLN. Adapun informasi yang dapat kami sampaikan saat ini terkait penyebab gangguan sistem kelistrikan dikarenakan indikasi gangguan transmisi,” katanya.

Dia mengatakan, tantangan yang dihadapi petugas PLN dalam proses penormalan sangat berat karena kondisi di beberapa lokasi transmisi berkontur rawa gambut serta dalam kondisi banjir, sehingga petugas PLN terkendala melakukan penelusuran dan pemulihan gangguan.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan BNPB Kalteng untuk bantuan karena akses menuju lokasi Transmisi terdampak yang harus ditempuh melalui jalur rawa sejauh 4 Kilometer dalam kondisi banjir.

“PLN juga menyiapkan suplai cadangan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Baamang yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Timur, dan PLTD Kumai di Kotawaringin Barat, guna meminimalisir dampak akibat padam gangguan tersebut,” katanya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…