PLN Sudah Temukan Penyebab Padamnya Listrik di Kotim dan Kobar

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 13 Oktober 2022 08:53WIB
Petugas PLN Kalslteng berusaha menormalkan jaringan yang alami gangguan

Aliran listrik PLN yang menaungi 2 kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yakni di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Kotawaringin Barat masih padam.

Terputusnya aliran listrik ini sudah berlangsung lebih dari 16 jam, yakni sejak hari Rabu pukul 21.30 WIB. Hingga saat ini, petugas PLN masih berupaya melakukan perbaikan untuk menormalkan kembali pasokan listrik.

Theo Alexander, Supervisor Teknik ULP PLN Pangkalan Bun mengatakan petugas yang ada di lapangan kini sudah berhasil menemukan penyebab padamnya aliran listrik.

“Penyebab pohon roboh di tower 221 dan tower 222 sama kabel OHGW putus kena ke kabel SUTT. Informasi terakhir 10.22 WIB via drone. Kerusakan berada di wilayah Kecamatan Kereng Pangi,” ucap dia, Rabu (12/10/2022).

Ia menjelaskan, kerusakan jaringan tersebut disebabkan adanya cuaca buruk yang terjadi di Kabupaten Katingan tadi malam, yang mengenai saluran udara tegangan tinggi (SUTT).

“Petugas kemungkinan sudah sampai ke lokasi, karena sebelumnya sempat terkendala akses jalan putus dan medan yang banjir,” tutur dia.

Meski begitu, PLN ULP Pangkalan Bun sudah mempersiapkan rencana cadangan apabila proses perbaikan memakan waktu yang lama.

“Kita akan hidupkan PLTD di Kumai paling lambat jam 4. Kita prioritaskan pusat perkantoran, bandara, rumah sakit dan puskesmas, karena kekuatan listriknya hanya 3 mega watt, sisanya bergilir,” terang dia.

Sementara untuk saat ini sebagian wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng sudah teraliri listrik khususnya Desa Karang Mulya dan sekitarnya. Pasokan listrik berasal dari perusahaan Korintiga. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…