Polres Kobar Amankan 18 Pelaku Penjarah TBS Milik Perusahaan Sawit

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Rabu, 1 Mei 2024 19:15WIB
Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman memberikan keterangan penangkapan pelaku penjarahan kelapa sawit di sejumlah perusahaan sawit di Kobar 

Kepolisian Resort Kotawaringin Barat (Polres Kobar) mengamankan 18 orang pelaku Penjarahan Tandan Buah Segar (TBS), yang melakukan panen massal disejumlah perusahaan di Kotawaringin Barat.

Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman menjelaskan, penangkapan terhadap pelaku penjarahan buah sawit tersebut berdasarkan laporan beberapa perusahaan di wilayah Kecamatan Arut Utara, dan Kecamatan Pangkalan Banteng. 

“Penangkapan 18 pelaku penjarahan buah sawit ini terjadi pada bulan Februari sampai dengan April 2024, dua orang pelaku masuk DPO (Daftar Pencarian Orang), yang melakukan panen massal tanpa ijin dari pihak perusahaan, ” kata Kapolres Kobar Yusfandi Usman di dampingi Kasat Reskrim AKP Yoga Panji Prassetya, Selasa (30/4/2024)

Dari semua tersangka berdasarkan  7 Laporan Perkara, yakni 5 LP terjadi di perkebunan sawit milik Astra Grup dan 2 LP di perkebunan milik PT BJAP 2. 

Pelaku ini bekerja sendiri sendiri atau bukan komplotan, dimana pelaku ada yang dari Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Berdasarkan keterangan dari pelaku, mereka melakukan penjarahan karena faktor ekonomi, kami belum menemukan indikasi ada yang memerintahkan, tetapi masih kami kembangkan terus, termasuk juga untuk semua peron peron yang ada di Kobar ini, telah kami periksa perihal asal muasal buah sawit yang mereka terima, ” kata usfandi. 

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun. *** 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…