PT ITK Siap Investasi Rp45 Miliar Tingkatkan Pengelolaan Dermaga Sungai dan Danau Telang Baru

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Kamis, 23 Mei 2024 15:27WIB
Pemerintah Kabupaten Barito Timur menggelar rapat koordinasi pengelolaan Dermaga dan Danau Telang Baru di Ruang Rapat Bupati Barito Timur, Jumat (17/05/2024) lalu.

Pejabat (Pj) Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, menyampaikan komitmennya dalam upaya memanfaatkan aset pemerintah daerah yang belum optimal. “Kami sangat mendukung inisiatif ini karena Dermaga Sungai dan Danau Telang Baru memiliki potensi besar untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

‘’Dengan kerja sama ini, kami berharap bisa segera mengubah status dermaga tersebut menjadi pelabuhan umum,” ujar Indra Gunawan di Tamiang Layang, beberapa hari lalu.

Indra Gunawan menekankan pentingnya penyelesaian dokumen-dokumen yang diperlukan pada tahun 2024. “Jika semua berjalan sesuai rencana, pada tahun 2025 kita bisa mulai memanfaatkan aset pelabuhan ini secara fungsional. Kami menargetkan pendapatan dari pengelolaan pelabuhan ini bisa mencapai Rp1 – Rp28 miliar,” tambahnya.

Direktur Utama PT Indonesia Terminal Cargo (PT ITK), Sugeng, menjelaskan pihaknya siap berinvestasi sebesar Rp45 miliar rupiah untuk pengelolaan Dermaga Sungai dan Danau Telang Baru di Desa Telang Baru, Kecamatan Paju Epat.

“Investasi awal ini adalah bagian dari rencana jangka panjang kami untuk meningkatkan infrastruktur pelabuhan di kawasan ini. PT ITK sudah memiliki izin sesuai peraturan kepelabuhanan dan siap untuk meningkatkan status dermaga menjadi pelabuhan umum,” kata Sugeng.

Sugeng juga menambahkan nota kesepahaman (MoU) sudah ditandatangani sebagai tahapan awal dari tujuh tahapan yang direncanakan sebelum perjanjian kerja sama resmi.

“Kami menjanjikan pembagian hasil sebesar 20% dari keuntungan bersih setiap tahunnya untuk Pemerintah Kabupaten Barito Timur. Ini adalah langkah awal yang penting untuk memastikan semua pihak mendapatkan manfaat maksimal dari kerja sama ini,” jelasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur, Nur Sulistyo, turut menyatakan dukungannya terhadap rencana ini. “Pemanfaatan aset daerah oleh pihak ketiga seperti PT ITK adalah langkah yang sangat positif. Ini bukan hanya tentang meningkatkan PAD, tetapi juga tentang percepatan pembangunan di Kabupaten Barito Timur. Kami di DPRD sangat berharap pemerintah daerah terus menindaklanjuti rencana ini dengan baik, sehingga pelabuhan ini bisa operasional pada tahun 2025 mendatang,” ungkap Nur Sulistyo.

Dengan kolaborasi ini, diharapkan potensi besar dari Dermaga Telang Baru dapat dioptimalkan untuk mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Barito Timur. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional dari HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2024

Telkomsel dinilai jadi tempat bekerja terbaik di Indonesia tiga tahun berturut-turut Telkomsel dinobatkan sebagai peraih…