Sambut Bulan Suci Ramadan Pemkab Bartim Gelar Pengajian

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Senin, 11 Maret 2024 16:20WIB
Pj  Bupati Bartim Indra Gunawan memberikan sambutan pada acara pengajian menyambut bulan suci ramadan di Aula Rumah Jabatan Bupati Barito Timur, Kamis (07/03/2024) malam.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur menggelar pengajian menyambut Bulan Suci Ramadan 1445 H/2024. Kegiatan tersebut antusias dihadiri warga yang memadati aula hingga halaman rumah jabatan Bupati Bartim, Kecamatan Dusun Timur, Kamis (7/3/2024) malam.

Pengajian dimulai sejak pukul 19.00 WIB, diawali dengan pembacaan sholawat atau Maulid Al Habsyi). Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran serta ceramah agama dari Ustadz H Taufan Aulia Akbar asal Kelua Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan.

Pengajian tersebut dihadiri langsung oleh Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, unsur FKPD, staf ahli bupati, beberapa Kepala OPD lingkup Pemkab Bartim, para tokoh agama, alim ulama, masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan menyampaikan, sebagaimana di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang – orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”.

“Untuk itulah, pada malam hari ini berkumpul untuk mensyukuri, karena Allah SWT masih memberikan kesempatan kita untuk memperbaiki diri, dan meningkatkan taqwa. Sebab taqwa inilah yang membedakan derajat manusia di hadapan Allah SWT,” kata Indra Gunawan.

Ia mengajak seluruh masyarakat muslim untuk menjalankan ibadah ibadah di bulan Ramadan dengan sebaiknya. Tidak hanya dengan berpuasa menahan lapar dan dahaga, namun juga menahan nafsu amarah, berkata yang tidak perlu serta memperbanyak ibadah yang diperintahkan Allah SWT.

“Jangan sampai ibadah kita menjadi sia-sia karena kita tidak sanggup menahan nafsu,” pesan Indra Gunawan.

Selain itu, Indra Gunawan menghimbau kepada umat beragama lain untuk biaa menghormati saudara muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Saling menghormati dan menghargai adalah wujud kehidupan beragama yang sangat baik. Perbedaan dalam berkehidupan beragama justru akan menjadi harmoni yang indah bila dilandasi dengan perilaku saling menghormati dan menghargai,” imbuhnya.

Indra Gunawan juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa 1445 Hijriah bagi seluruh warga muslim di Barito Timur.

“Semoga ibadah puasa yang kita jalani menjadikan kita semua manusia yang lebih baik dan lebih bertaqwa,” tukasnya.

Sementara itu, Ustadz Topan dalam tausiyahnya menyampaikan anjuran apa saja yang mesti dipersiapkan menjelang bulan Suci Ramadan 1445 Hijriyah/2024.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar di Bulan Suci Ramadan nanti untuk menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh dan ibadah lainnya.

“Mari bersama-sama kita sambut Bulan Suci Ramadan ini dengan rasa senang dan penuh sukacita,” tandas Ustadz Taufan. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…