Semarakkan Pembukaan FBIM 2022, Pemkab Gunung Mas Tampilkan Tokoh Tambun Bungai

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 18 Mei 2022 17:08WIB
Kabupaten Gunung Mas tampil di Karnaval Budaya FBIM 2022.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas turut serta menyemarakkan lomba Karnaval Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022 yang menjadi  satu rangkaian memperingati Hari Jadi Kalimantan Tengah (Kalteng) ke 65 tahun yang digelar di Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa (17/5/2022).

FBIM digelar Pemprov Kalteng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Pada karnaval budaya Tahun 2022 ini, Pemkab Gunung Mas mengusung Tema “Tambun Bungai”. Rombongan Kontigen Karnaval Budaya Kabupaten Gunung Mas diketuai Elkewirke. Jumlah Peserta Kontingen Pawai Budaya Isen Mulang Tahun 2022 Pemkab Gunung Mas 53 orang dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan Covid-19.

Sebagaimana diketahui, Exotic Gunung Mas yang merupakan Brand Pariwisata Kabupaten Gunung Mas dimana unsur Pariwisata dibagi menjadi yaitu kebudayaan dan alam. Salah satu warisan budaya Kabupaten Gunung Mas adalah Tokoh Legenda Suku Dayak Tambun Bungai yang dipercayai memiliki kekuatan (SAKTI).

Monumen Tambun Bungai terletak di Desa Tumbang Pajangei, Kabupaten Gunung Mas dan dipercayai tinggal dan menetap di Desa Pajangei. Tambun Bungai menggambarkan Tokoh yang Bijaksana, Berani dan Pantang Menyerah.

Kabupaten Gunung Mas menampilkan Tokoh Tambun Bungai diwakilkan Seniman Kabupaten Gunung Mas dengan property Lundju dan Dohong, didampingi oleh pengawal yang menampilkan Tarian dan Atraksi.

Dengan harapan sebagai generasi selanjutnya dapat mengikuti jejak perjuangan dan keberanian Tambun Bungai dalam memperjuangkan Prov. Kalteng menuju Kalteng Makin Berkah. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemprov Segera Launching Logo Resmi Hari Jadi Ke 67 Provinsi Kalteng Tahun 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan segera me-launching logo Hari Jadi Ke-67 Provinsi Kalteng…