Serapan Dana Transfer Pusat ke Daerah di Bartim Sudah 38 Persen

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Kamis, 13 Juni 2024 19:06WIB
Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, menyambut kedatangan Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah, Wawan Juswanto, KP2KP Muara Teweh, dan KPPN Buntok beserta jajaran, di Ruang Rapat Kantor Bupati Bartim, Kamis (13/6/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, menyambut kedatangan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah, Wawan Juswanto, KP2KP Muara Teweh, dan KPPN Buntok beserta jajaran, di Ruang Rapat Kantor Bupati Bartim, Kamis (13/6/2024).

Hadir dalam acara tersebut, Asisten III Setda Bartim, Kepala BPKAD Bartim, Kadis Pendidikan Bartim, Kadis Pertanian Bartim, Sekretaris Dinas PUPR Perkim Bartim, beberapa kepala bidang dan tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, mengatakan, edatangan Kakanwil DJPb Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah beserta jajaran itu dalam rangka untuk melihat sejauh mana pengelolaan untuk serapan anggaran dana transfer ke daerah dari pusat sesuai yang ditentukan.

“Dan syukur alhamdulillah, serapan anggaran kita untuk dana transfer ke daerah dari pusat sudah mencapai 38 persen, meski seharusnya 40 persen hingga bulan Juni ini, namun dengan sisa waktu ini kami optimistis akan tercapai,” ujar Pj Indra Gunawan usai kegiatan kepada wartawan.

Indra Gunawan menjelaskan, salah satu dana untuk menunjang di Kabupaten Barito Timur ini adalah dana transfer ke daerah dari Pusat, yang mana dari nilai Rp1,2 triliun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD Kabupaten Barito Timur Tahun Anggaran 2024, 92 persen dananya berasal dari pusat, dan sisanya 8 persen berasal dari Pendapatan Asli Daerah atau PAD.

“Oleh karena itu, dana transfer ke daerah dari pusat itu harus dikelola dengan baik, baik dalam pelaksanaannya, evaluasinya maupun laporannya,” jelas Indra Gunawan. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kongres Dunia SUBUD Ke-16 di Palangka Raya

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo Hadiri dan Membuka acara Kongres Dunia…