Serunya Lomba Maneweng, Manetek Tuntang Manyila Kayu di FBIM Tahun 2022

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 19 Mei 2022 15:02WIB
Satu regu mengikuti lomba meneweng, manetek tuntang manyilakayu.

Di hari kedua FBIM tahun 2022, dilaksanakan serangkaian kegiatan lomba, salah satunya adalah lomba maneweng, manetek tuntang manyila kayu, dilaksanakan di UPT. Taman Budaya Kalteng, Rabu (18/5/2022).Cabang lomba tersebut diikuti 4 Kabupaten se-Kalimantan Tengah yaitu Kabupaten Barito Selatan, Murung Raya, Kapuas dan Sukamara. Tiap kabupaten/kota hanya mengirimkan satu regu saja (pria) yang beranggotakan 3 (tiga) orang.

Peserta memperagakan salah satu bentuk daripada pengusahaan hutan secara tradisional di kalangan masyarakat dayak dengan menggunakan beliung sekaligus memberikan tontonan yang menarik.

Tim juri lomba maneweng, manetek tuntang manyilakayu terdiri dari 3 orang yang ahli di bidangnya, yaitu Martinus Runting (Ketua Tim Juri), Yantro dan Muris (Anggota Juri).

Maneweng, manetek tuntang manyila kayu memuat pesan upaya menumbuh dan mengembangkan kesadaran akan arti pentingnya kelestarian hutan di tengah-tengah kehidupan manusia. Alat dan perlengkapan (beliung, keba, rambat, pisau ambang batangking) disediakan oleh peserta, sedangkan bahan baku (kayu) disediakan oleh panitia. 

Kegiatan terdiri dari: maneweng (menebang); manetek (memotong) dan menyila (membelah).

Kriteria penilaian yaitu dari segi kerapian pakaian, kelengkapan peralatan, kerapian menebang, ketepatan rebah pohon, kerapian memotong, kerapian membelah, kerapian menyusun belahan, dan waktu. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Komitmen Wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap Tahun 2024

Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng Pimpin Apel Aktivasi Posko dan Pos Lapangan Satgas Pengendalian Karhutla Badan…