SERUYAN dan SUKAMARA Gabung ke Provinsi Kotawaringin? Inilah 5 Kabupaten Diisukan Pecah dari KALIMANTAN TENGAH

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 25 Januari 2023 15:06WIB
Provinsi Kalimantan Tengah

Provinsi Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia terletak di Pulau Kalimantan, ibu kotanya berada di Kota Palangka Raya.

Provinsi Kalimantan Tengah terdiri dari 14 daerah yaitu 13 kabupaten dan 1 kota, satu-satunya kota di Kalimantan Tengah yaitu Kota Palangka Raya.

Muncul isu tentang pemekaran wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah menjadi 2 provinsi baru, salah satunya bernama Provinsi Kotawaringin.

Provinsi baru yang diisukan akan dimekarkan dari Provinsi Kalimantan Tengah ini akan mencangkup beberapa kabupaten/kota termasuk Seruyan dan Sukamara.

Walaupun masih dalam wacana, tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa daerah yang diwacanakan akan pecah dari Kalimantan Tengah dan bergabung ke Provinsi Kotawaringin.

Dikutip dari kanal YouTube Mahasiswa Geografi diunggah pada 13 Februari 2022, Provinsi Kotawaringin merupakan salah satu provinsi baru yang diisukan akan dimekarkan dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Tentunya akan ada beberapa kabupaten dan kota yang direncanakan akan keluar dari Kalimantan Tengah dan bergabung ke Provinsi Kotawaringin termasuk Seruyan dan Sukamara.

Provinsi Kotawaringin diisukan akan mencangkup 5 kabupaten, salah satu dari 5 kabupaten tersebut akan menjadi wilayah ibu kota.

Adapun 5 kabupaten yang diwacanakan akan bergabung ke Provinsi Kalimantan Tengah sebagai berikut:

  1. Kabupaten Kotawaringin Barat
  2. Kabupaten Kotawaringin Timur
  3. Kabupaten Seruyan
  4. Kabupaten Lamandau
  5. Kabupaten Sukamara

Ibu kota Provinsi Kotawaringin rencananya akan beradadi Kabupaten Seruyan.

Perlu diketahui bahwa isu pemekaran wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah ini memang masih sebatas wacana. Untuk pemekaran sendiri harus melalui proses yang panjang dan mendapat persetujuan pemerintah pusat. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…