Sudah 1 Bulan Tongkang Batu Bara Kandas di DAS Barito

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 23 Januari 2023 19:09WIB
Tongkang batu bara kandas di DAS Barito

Sudah hampir satu bulan ini, sebuah tongkang pengangkut batu bara kandas di Daerah Aliran Sungai  (DAS) Barito tepatnya di sekitar Jembatan Kalahien Buntok, Kabupaten Barito Selatan.

Informasi dari masyarakat menyebutkan tongkang batu bara tersebut kandas di kawasan Desa Kalahien Buntok, sejak tanggal 31 Desember 2023 lalu.

Tongkang batu bara bernama TB Putra Andalas 8 dari Paring Laung menuju  Banjarmasin, Kalsel, kandas dikarenakan arus Sungai Barito tepatnya disekitar Jembatan Kahayan, surut.

Saat melintas tongkang TB Andalas 8 melayang ke alur Sungai Barito, mengakibatkan tongkang tersebut kandas.

Kapolres Barsel AKBP Yuspandi SIK melalui Kapolsek Dusun Selatan IPDA H Tonie membenarkan kandasnya tongkang batubara itu.

“Benar hampir 1 bulan ini, di kawasan DAS tepatnya disekitar Jembatan Kalahien telah kandas tongkang batu bara,”katanya.

Informasi menyebutkan, kandasnya tongkang batu bara tersebut, disebabkan karena tongkang itu tidak dikawal assisboat, karena TB Andalas, disinyalir tidak ada kerja sama dengan pihak pemberi pelayanan assisboat.

Saat ini posisi tongkang tidak bisa bergerak dan kapal TB masih stanby di samping tongkang berisikan batu bara menunggu air barito naik. ***

 

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…