Tim Rescue Respon Cepat BKSDA dan OFI Kalteng Evakuasi Orangutan dengan Berat 83 Kg

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Sabtu, 26 Februari 2022 15:16WIB
Petugas mempersiapkan evakuasi orangutan berbobot 83 kg.

Tim Rescue Respon Cepat (TRRC) SKW II BKSDA Pangkalan Bun Kalimantan Tengah bersama OFI telah berhasil melakukan evakuasi Orangutan di Desa Sungai Bedaun Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Sabtu (26/2/2022).

Orangutan berukuran besar tersebut nyasar ke perkampungan di lokasi perkebunan kelapa sawit milik salah satu perusahaan yang ada di Kotawaringin Barat, sempat menggegerkan warga dan pekerja perkebunan plasma kelapa sawit yang sedang melakukan aktivitas di Desa Sungai Bedaun, Kecamatan Kumai.

Adanya keberadaan orangutan, selanjutnya pihak perusahaan melapor ke petugas Tim Rescue Orangutan Foundation International (OFI) dan BKSDA kalteng SKW II Pangkalan Bun

Setelah mendapat laporan, petugas langsung melakukan pemantauan keberadaan orangutan dan berupaya mengevakuasi dengan cara menembakkan obat bius menggunakan alat tradisional berupa sumpit.

Humas BKSDA Kalteng SKW II Pangkalan Bun, Adimas Jaya Pratama mengatakan, usai dibius, orangutan diperiksa kesehatannya, kemudian dilakukan tes antigen dengan hasil negatif.

Di tubuh orangutan tidak ditemukan bekas senjata tajam maupun tumpul.

Orangutan berjenis kelamin jantan dengan bobot atau berat 83 kg. Setelah dinyatakan sehat, petugas langsung melepasliarkan orangutan Ke Taman Nasional Tanjung Puting, karena jaraknya lebih dekat dengan keberadaan orangutan.

Diduga orangutan kelaparan, kurang persediaan makanan dalam hutan, dan habitatnya terganggu akibat tingginya alih fungsi lahan dari hutan menjadi lahan Perkebunan Kelapa Sawit, terang Adimas Jaya Pratama.

Petugas berharap, apabila warga menemukan orangutan nyasar ke pemukiman maupun ke perkebunan agar segera melapor ke Petugas BKSDA Kalteng. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Bank Kalteng Muara Teweh Serahkan 9 Sapi Kurban ke Pemkab Barito Utara

Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs. Muhlis menerima  9 ekor sapi hewan kurban dari PT…