Tongkang Pengangkut Batu Bara Tabrak Tiang Jembatan Pangulu Iban

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Rabu, 21 Februari 2024 19:45WIB
Tongkang pengangkut batu bara tabrak tiang Jembatan Pangulu Iban, Rabu pagi.

Tongkang batu bara diketahui milik PT Maruwai Cool/Adaro dengan agen kapal PT Tera Logistik Indonesia, dengan lambumg Kapal TB.MBP-132/BG.MBP/5005 tujuan Banjarmasin, Kalsel, menabrak tiang pengaman (fender) Jembatan Pangulu Iban, Rabu  (21/02/ 2024), pukul 07.40 WIB.

Dalam video berdurasi 1 menit 13 detik, tampak buritan tongkang mengarah ke pinggir sungai. Lalu berupaya di giring kapal tarik mengarah ke tengah menghindari tabrakan.

Namun karena terlalu kepinggir buritan tongkang bermuatan akhirnya menabrak tiang fender jembatan.

Insiden itu membuat warga masyarakat yang berada di sekitar tempat kejadian yakni di Pelabuhan UPTD Dermaga Muara Teweh, berteriak-teriak khawatir.

Terpisah, Kepala Bidang Perhubungan Sungai dan Penyeberangan Barut, Nugroho Agus kepada sejumlah media membenarkan, insiden tongkang menabrak tiang fender jembatan tersebut.

Nugroho mengatakan, tiang yang ditabrak itu bukan tiang utama melainkan tiang fender atau tiang penahan. Dan akibat di senggol tongkang tak ada yang rusak. Tapi untuk pemeriksaan detail akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum.

Nugroho Agus mengatakan, pihaknya juga sudah meminta keterangan kapten kapal mengenai kronologis insiden.  ‘’Kita sudah meminta keterangan kapten kapal dan juga akan meminta surat pernyataan siap bertangungjawab atas kerusakan,”  kata Nugroho Agus.

Terkait investigasi lanjutan di lapangan, sekaligus menghitung tingkat kerusakan dan nilai kerugian, akan dilakukan Dinas PUPR bersama pihak perusahaan.

Nantinya, semua hasil investigasi lapangan dilaporkan ke Pj Bupati Barito Utara. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…