Wagub Edy Pratowo Terima Laporan Hasil Pengawasan BPKP Semester 2 Tahun Anggaran 2023

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Kamis, 15 Februari 2024 19:11WIB
Wagub Edy Pratowo Terima Laporan Hasil Pengawasan BPKP Semester 2 Tahun Anggaran 2023  

Wakil Gubernur Edy Pratowo menerima Laporan Hasil Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah (BPKP Prov. Kalteng) Semester 2 Tahun Anggaran 2023, disampaikan Kepala BPKP Prov. Kalteng Hanggara Atmana, di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (15/2/2024) sore.

Kepala BPKP Hanggara Atmana menjelaskan agenda ini merupakan bentuk akuntabilitas BPKP atas pengawasan yang telah dilakukan pada semester 2 Tahun Anggaran 2023 dan bagian dari proses pengawasan secara total. Adapun ikhtisar pengawasan meliputi pengembangan daerah, pengendalian inflasi, peningkatan kualitas hidup, industri dan investasi, SDM, Kesiapan Bencana, Infrastruktur dan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan.

BPKP memberikan apresiasi pasa sejumlah ikhtisar pengawasan salah satunya pada upaya Pemerintah Daerah dalam pengendalian inflasi tahun 2023 yang membuahkan hasil sangat baik. Di samping itu tingkat kemiskinan yang berhasil diturunkan dibanding tahun sebelumnya. Namun demikian, BPKP tetap memberikan ruang perbaikan pada setiap area pengawasan.

“Ijinkan kami menghaturkan terima kasih kepada pemerintah Kalteng atas dukungan dan kerjasama luar biasa selama ini sehingga kami bisa menjalankan tugas pengawasan dengan lancar,” ucap Hanggara Atmana seraya berharap sinergitas selama ini tetap berlanjut.

Wagub mengapresiasi BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, yang telah melaksanakan dan menyampaikan hasil pengawasan di lingkungan Pemerintah Daerah guna memberikan gambaran terhadap kinerja program/kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah, sehingga akan bermanfaat bagi peningkatan tata kelola pemerintahan kedepan.

“Rekomendasi maupun saran dalam laporan tersebut merupakan bahan masukan penting untuk upaya perbaikan, agar kita dapat meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi, dalam menjalankan tugas dan fungsi kita masing-masing,” ungkap Wagub saat membacakan sambutan Gubernur.

“Penyelesaian TLHP yang tepat waktu dan sesuai rekomendasi/saran, hal itu menunjukkan komitmen dan keseriusan kita, untuk terus mendorong upaya perbaikan, guna mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih,” lanjut Wagub.

Untuk itu Wagub berpesan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait agar berperan aktif segera menindaklanjuti rekomendasi/saran, mengidentifikasi seluruh rekomendasi/saran, jangan sampai berlarut-larut, baik yg bersifat material maupun yg bersifat administratif, menjadikan rekomendasi/saran sebagai masukan untuk perbaikan organisasi, Inspektorat selaku APIP agar mengoordinir perangkat daerah terkait dokumen Tindak Lanjut Hasil Pengawasan dan berkoordinasi dengan BPKP. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur: Karnaval Budaya untuk Promosi Wisata dan Tumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kalteng

Kalimantan Tengah menggelar Karnaval Festival Budaya Isen Mulang. Perhelatan akbar ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa…