Wagub Kalteng: Wujudkan Masyarakat Sehat dan Bahagia Melalui Olahraga

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Kamis, 29 Februari 2024 18:05WIB
Wagub Edy Pratowo membuka Musprov KORMI Provinsi Kalteng di Hotel Luwansa Palangka Raya, Kamis (29/2/2024)

Wakil Gubernur (Wagub) H. Edy Pratowo membuka secara resmi Musyawarah Provinsi (Musprov) Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Tugas dan fungsi KORMI adalah sebagai mitra pemerintah dalam rangka memfasilitasi dan memediasi serta memotivasi dunia olahraga pada pencapaian prestasi maksimal.

Wagub dalam sambutannya berharap KORMI Kalteng merapatkan barisan, saling bahu-membahu dalam mengembangkan dan menjalankan olahraga masyarakat di Kalteng, baik olahraga rekreasi maupun olahraga tradisional.

“Gerakan Masyakat Hidup Sehat (GERMAS) juga harus ditingkatkan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, kebugaran, prestasi, kecerdasan, dan kualitas manusia guna membangun dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Olahraga Masyarakat,” kata Wagub dalam sambutannya pada kegiatan ini di Hotel Luwansa Palangka Raya, Kamis (29/2/2024).

Masih dalam sambutannya, Wagub Edy Pratowo mendorong INORGA dan KORMI Daerah menyukseskan pelaksanaan Seleksi Daerah menuju FORNAS 2025 di Lombok.

“Kami akan menyurati Bupati/Wali Kota atau Pj. Bupati/Wali Kota mengenai bagaimana dukungannya terhadap pelaksanaan Seleksi Daerah dan Pelatda tahun 2024 ini,” tegasnya.

Lebih Lanjut, Wagub menuturkan KORMI dan INORGA mengawasi peleksanaan Pelatda tahun 2024.

“Ini supaya lebih selektif, terlebih ada banyak atlet Kalteng yang berpotensi dan memiliki prestasi di bidang olahraga masyarakat, baik Olahraga Petualangan dan Tantangan maupun Tradisional dan Kreasi Budaya,” pungkasnya.

Kalteng memanifestasikan kearifan lokal Suku Dayak melalui Olahraga Tradisional, Kesehatan, dan Budaya (OTKB), seperti Besei Kambe, Dagongan, Dayung Tradisional, Sumpit Tradisional, Balogo, Kuntau Dayak, Silat Dayak, dan Lawang Sekepeng. Hal tersebut perlu dikembangkan dan dilestarikan karena nilai budaya dan sejarahnya melekat di masyarakat.

Salah satu agenda Musprov kali ini adalah Pemilihan Ketua KORMI Kalteng yang baru yang ke depan bisa membawa misi mengajak masyarakat menggemari olahraga masyarakat untuk hidup yang lebih sehat.

Musprov KORMI yang dilaksanakan selama 3 hari ini dihadiri Hayono Isman, Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga RI periode 1993-1998 yang kini menjabat sebagai Ketua Umum KORMI Nasional. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Logo HUT Ke 67 Provinsi Kalteng 2024 Diluncurkan

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Kalteng, diluncurkan dilakukan secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub)…