Wagub Tekankan Keseriusan Perangkat Daerah Dalam Penyerapan Anggaran

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 12 April 2023 14:04WIB
Rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota se Kalimantan Tengah

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowobuka Rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Triwulan I Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2023, di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (12/4/2023).

Wagub mengatakan, rapat ini merupakan forum strategis untuk memperkuat koordinasi, sinergi, dan harmonisasi dalam pengelolaan anggaran, khususnya percepatan penyerapan anggaran.

“Melalui rapat TEPRA triwulan I ini diharapkan dapat diidentifikasi berbagai kendala yang menghambat realisasi anggaran pada tahun 2022 dan dicari solusinya agar permasalahan-permasalahan yang sama tidak terulang kembali pada tahun 2023, sehingga realisasi pembangunan tahun ini akan semakin meningkat,” kata Wagub.

Wagub meminta kepada seluruh Perangkat Daerah agar memberi perhatian serius dalam melaksanakan upaya percepatan penyerapan anggaran, karena akan berdampak terhadap laju pembangunan, pertumbuhan ekonomi, inflasi, hingga pelayanan kepada masyarakat.

“Kita semua harus bersinergi mendorong percepatan realisasi anggaran. Laksanakan penyerapan anggaran secara cepat dan tepat sesuai ketentuan berlaku, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” ucap Wagub.

Wagub berharap rapat TEPRA ini tidak hanya sebagai rutinitas saja, tetapi dapat memberikan progres nyata terutama dalam mengawal pelaksanaan realisasi anggaran dan program pembangunan agar dapat berjalan secara optimal dan tepat sasaran.

Plt. Kepala Biro Administrasi Pembangunan Zainuri menyampaikan rapat TEPRA ini bertujuan untuk memonitor dan mengevaluasi percepatan realisasi penyerapan anggaran yang telah dilakukan oleh seluruh stakeholder, sehingga dapat terlaksana sesuai dengan target yang telah ditetapkan, yaitu triwulan I 20 persen, triwulan II 50 persen, triwulan III 85 persen, dan triwulan IV 100 persen fisik pada bulan November 2023. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kalaksa BPBPK Prov Kalteng Ahmad Toyib ; 4 Kabupaten di Kalteng Terdampak Banjir

Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah (BPBPK Prov. Kalteng) mengelar Rapat Perkembangan…