Wakil Gubernur Kalteng Hadiri Pembukaan MTQ Nasional XXIX Kalsel Expo 2022

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 12 Oktober 2022 19:16WIB
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengunjungi stand Pemprov Kalteng pada MTQ Nasional XXIX Kalteng Expo 2022

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo menghadiri acara pembukaan MTQ Nasional XXIX Kalsel Expo 2022, di Alun-alun Ratu Jalecha, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pameran MTQ Nasional ini diselenggarakan selama lima hari, tanggal 12-16 Oktober 2022 dibuka oleh Penasehat Dharmawanita Persatuan Kemenag RI Eny Retno Yaqut, istri Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil. 

Expo Kalsel diikuti seluruh provinsi di Indonesia, Kementerian, Pemerintah Daerah Kalsel, BUMN dan BUMD, serta Perusahaan Swasta Nasional. Para pelaku UMKM juga hadir dengan membuka stan-stand yang menampilkan produk-produk unggulannya.

Seusai pembukaan, Wagub didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Prov. Kalteng Sunarti, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawaty, Kepala Biro Perekonomian Setda Prov. Kalteng Said Salim, Plt. Kepala Biro Kesejahtaraan Rakyat Setda Prov. Kalteng Ahmad Fahruka, dan Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Prov. Kalteng Norhani, berkesempatan mengunjungi stand pameran Pemprov. Kalteng. Stand Pemprov. Kalteng terdiri dari Dinas perdagangan dan perindustrian Prov. Kalteng, Dinas koperasi dan UKM Prov. Kalteng, serta Dekranasda Prov. Kalteng.

Masing-masing dari Dinas menampilkan sejumlah produk unggulan yang merupakan hasil produk dan kreativitas pelaku Industri Kecil Menengah (IKM)/Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Adapun produk yang ditampilkan ialah berupa kain dan baju batik; kayu, gelang dan dupa garu; anyaman seperti topi, tas, dan bintingan rotan. Untuk produk lainnya yang sifatnya makanan ada madu kelulut, madu asli, keripik, amplang, bawang dayak, rempah-rempah, kopi khas Kab. Katingan dan teh bajakah yang kaya akan manfaat. Bajakah ini kayu asli dari Kalteng dan khasiatnya sangat banyak, bisa untuk mengobati kanker, tumor, maag, rematik dan lain sebagainya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Komitmen Wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap Tahun 2024

Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng Pimpin Apel Aktivasi Posko dan Pos Lapangan Satgas Pengendalian Karhutla Badan…