Widiya Kumala Wati, Volunteer dan Satgas PPA Kalteng, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Sosial Budaya

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Sabtu, 18 Mei 2024 19:10WIB
Widiya Kumala Wati, ketika menerima penghargaan dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo

Widiya Kumala Wati volunteer dari berbagai organisasi dan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Provinsi Kalimantan Tengah (2016-sekarang), satu dari sejumlah orang penerima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Sosial Budaya pada Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK 2024 yang digelar di Taman Balekambang Solo, Kamis (16/5/2024) malam.

Penghargaan untuk Widya Kumala Wati diserahkan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Turut hadir pada acara pemberian penghargaan yakni Wury Ma`aruf Amin, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), dan perwakilan Tim Pengerak PKK dari seluruh Indonesia.

Widiya Kumala Wati volunteer dari berbagai organisasi dan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Provinsi Kalimantan Tengah adalah merupakan garda terdepan serta ujung tombak dalam perlindungan dan penanganan kasus yang menimpa perempuan dan anak.

Penghargaan dan Piala yang diterima Widiya Kumala Wati

Ia juga anggota Forum Puspa dalam bidang pemenuhan hak anak yang memberikan pendampingan dan edukasi pada masyarakat, guna pencegahan terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak (Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak) Provinsi Kalimantan Tengah (2017-sekarang).

Selain itu, Widiya juga anggota Emergency Respon Palangka Raya di divisi penyelamatan jiwa manusia (2018-sekarang), Taman Baca Laskar Pelangi (2022-sekarang), dan Terapis Homebase Anak Autisme (2019).

“Awalnya saya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa, namun kemudian pada tahun 2016 mulai tergerak untuk membantu kerabat sekitar dikarenakan sering melihat terjadinya tindak kekerasan dalam rumah tangga. Kekerasan tersebut dilakukan hampir terjadi setiap harinya, hingga akhirnya saya termotivasi untuk mengembangkan diri untuk membekali diri menolong ataupun berdiskusi dengan kerabat sekitar untuk melakukan pencegahan tindak kekerasan, salah satunya dengan bergabung di kegiatan posyandu yang ada disekitar rumah. Dengan bergabungnya di kegiatan sosial masyarakat saya berharap bisa membawa perubahan kecil akan kemandirian Perempuan ataupun bagaimana mengasuh anak sehingga dapat mencegah kekerasan yang sering terjadi,” ucap Widiya.

Widiya Kumala Wati bersama Kepala Dinas P3APPKB Prov. Kalteng, Linae Victoria Aden

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Prov. Kalteng Linae Victoria Aden menghadiri pemberian penghargaan kepada Widiya menyampaikan agar penghargaan yang diterima dapat menjadi motivasi dan penyemangat bagi Widiya untuk terus bekerja, berkarya dan melayani sesama, terutama bagi perempuan dan anak di Kalimantan Tengah.

“Selain itu, juga mendukung program-program Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya dalam Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Perempuan dan Anak, serta Pemenuhan Hak Anak demi terwujudnya generasi yang handal dan tangguh di Kalimantan Tengah,” tutup Linae. ***

 

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional dari HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2024

Telkomsel dinilai jadi tempat bekerja terbaik di Indonesia tiga tahun berturut-turut Telkomsel dinobatkan sebagai peraih…