540 Tabung Gas LPG Terjual Dalam Operasi Pasar

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 10 April 2022 14:46WIB
Operasi Pasar Gas LPJ di Kelurahan Langkai Palangka Raya.

Operasi Pasar gas LPG yang diadakan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Palangka Raya di Kelurahan Langkai, Sabtu (9/4/2022).

Total ada 540 tabung gas LPG yang terjual mulai dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Untuk gas LPG ukuran 3 kg laku terjual 500 tabung dari kuota 560 tabung.

Sedangkan yang ukuran 5,5 kg laku 19 tabung dan ukuran 12 kg laku sebanyak 30 tabung. Warga antusias beli gas karena mendapat harga lebih murah dari harga pasar.

Untuk tabung 3 kg cuma dijual Rp22 ribu, sedangkan yg ukuran 5,5 kg dijual Rp95 ribu dan ukuran 12 kg dijual Rp200 ribu.

Lurah Langkai, Sri Wanti mengucapkan terima kasih Walikota Palangka Raya atas kepeduliannya kepada warga kelurahan Langkai dengan mengadakan operasi pasar gas LPG.

Pihaknya berharap operasi pasar gas LPG kembali diadakan lagi karena kebutuhan masyarakat menjelang lebaran cukup meningkat.

Operasi pasar murah LPG itu sendiri dilaksanakan Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, bekerjasama dengan PT Pertamina DPPU Tjilik Riwut dan Hiswana Migas.

Seperti yang terlihat di Kelurahan Palangka tepatnya di Jalan Mendawai IV, Kecamatan Jekan Raya, tampak warga antusias mengantre mendapatkan gas LPG murah.

Norhamidah seorang ibu rumah tangga mengaku senang dah berterimakasih kepada pemerintah yang telah menggelar operasi pasar murah LPG tersebut.

“Terimakasih kepada pemerintah telah mengadakan operasi pasar murah, terlebih di bulan puasa saat ini,maka kebutuhan gas LPG sangat diperlukan,”ungkapnya.

Kepala Bidang Perdagangan DPKUKMP Kota Palangka Raya, Hadriansyah menyebut ada 11 lokasi operasi pasar murah LPG. Baik ukuran tabung 3 kg, 5,5 kg dan tabung ukuran 12 kg.

Adapun ke 11 lokasi yang menjadi sasaran operasi pasar murah LPG itu yakni tersebar di 5 kecamatan Kota Palangka Raya. Diantaranya, Kelurahan Langkai,Palangka, Pahandut Seberang, Sabaru, Tangkiling, Pager, Pahandut, Bukit Tunggal, Kalampangan, Habaring Hurung, dan Petuk Barunai.

Disebutkan, harga jual gas LPG saat operasi pasar murah itu yakni sebagai berikut, untuk LPG subsidi 3 kilogram dijual dengan harga Rp.22ribu, LPG nonsubsidi 5,5 kilogram dijual dengan harga Rp. 95ribu dan LPG nonsubsidi 12 kilogram dijual dengan harga Rp.200ribu.

“Khusus untuk LPG yang bersubsidi saat operasi pasar murah akan disiapkan sebanyak 560 tabung yang mana pembeli dibatasi 1 kepala keluarga 1 Tabung. Sedangkan untuk yang nonsubsidi tidak dibatasi,”beber Hadriansyah.

Mantan Sekretaris Kecamatan Jekan Raya ini mengatakan, kegiatan operasi pasar murah LPG itu dilakukannya guna menyikapi tren tingginya permintaan kebutuhan bahan pokok saat Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya ldulfitri 1443 H/2022 M, sekaligus merupakan upaya Pemko Palangka Raya dalam mengantisipasi dinamika ketersediaan gas LPG. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Komitmen Wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap Tahun 2024

Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng Pimpin Apel Aktivasi Posko dan Pos Lapangan Satgas Pengendalian Karhutla Badan…