Bahan Pangan – Bahan Pokok Aman dan Tersedia

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 17 Maret 2023 14:16WIB
Asisten Ekbang Leo S Ampung melakukan pemantauan bahan pangan dan bahan pokok di Pasar Besar Palangka Raya, Jumat
  • Pastikan Ketersediaan Stok Bahan Pangan Menjelang Ramadan, Asisten Ekbang Leonard S. Ampung Pantau Harga

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan bersama dengan Tim Satgas Pangan dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Prov. Kalteng melakukan pemantauan harga bahan pangan di Pasar Besar dan Pasar Kahayan Palangka Raya, Jumat (17/3/2023).

Asisten Ekbang Sekretariat Daerah Prov. Kalteng Leonard S. Ampung mengatakan kegiatan pemantauan harga kali ini dilakukan bersama dengan tim lengkap, dalam rangka untuk memastikan ketersediaan stok bahan pangan dan bahan pokok menjelang Ramadan dan Hari Raya pada sub distributor pangan strategis dan Pangkalan LPG, sesuai arahan bapak Presiden, Mendagri dan Gubernur Kalteng.

Komoditas pangan yang menjadi target pemantauan adalah beras, cabe rawit, cabe keriting, bawang merah, bawang putih, telur ayam, daging ayam, daging sapi dan minyak goreng, dengan harga pada tingkat pedagang yang bervariasi.

“Hasil pemantauan di lapangan bahwa bahan pangan dan bahan pokok relatif aman dan tersedia, walaupun ada sedikit kenaikan harga pada beberapa bahan pokok seperti telur ayam dan beras dari Jawa” ucapnya.

Ia juga menyebut, ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan contohnya telur ayam, naiknya setiap minggu seribu rupiah harga berkisar Rp1.900 – 2.300, tapi yang penting stoknya tersedia, aman dan distribusinya ada terus.

Daging sapi relatif aman harga antara Rp150 – 160 ribu per kilogram, kemudian harga daging ayam Rp42 ribu per kilo stoknya bagus, cabe rawit Rp70 ribu per kilogram, cabe keriting Rp45 ribu per kilogram, bawang putih Rp30 ribu per kilogram, Gula Rp13 – 14 ribu per kilogram, stok minyak goreng aman dan harganya pun sekarang masih tetap.

“Sedangkan untuk beras ada kenaikan sedikit beras yang dari Jawa dan harganya bervariasi, tetapi beras dari Belanti Pulang Pisau sekarang lagi panen diharapkan bisa menekan kenaikan harga dan kalau stok masih aman” tutup Leo. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur: Karnaval Budaya untuk Promosi Wisata dan Tumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kalteng

Kalimantan Tengah menggelar Karnaval Festival Budaya Isen Mulang. Perhelatan akbar ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa…