Bocoran Harga Suzuki Grand Vitara, Lebih Murah dari Honda HR-V

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 21 Februari 2023 10:05WIB
Suzuki Grand Vitara

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Suzuki Grand Vitara di pameran Indonesia Internasional Motor Show, atau IIMS 2023 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Suzuki Grand Vitara yang ditawarkan untuk pasar Indonesia adalah versi mild hybrid, di mana secara teknologi serupa dengan Ertiga. Mengandalkan baterai lithium-ion 6 ampere, dikawinkan dengan ISG (Integrated Starter Generator) sebagai pengganti alternator.

Yang membedakan, Grand Vitara menggunakan mesin baru dengan kode K15C berkapasitas 1.500cc Dual Jet. Enjin itu dapat menyemburkan tenaga maksimal 103 PS di 6.000 rpm, torsi 136,8 Nm di 4.400 rpm.

Disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan, lengkap dengan paddle shift. Secara dimensi Grand Vitara memiliki panjang 4.345 mili meter, lebar 1.795 mm, tinggi 1.645 mm, dengan jarak poros roda depan ke belakang alias wheelbase 2.600 mm.

Sedangkan jarak pijak terendah ke tanahnya 210 mm, cukup kompak untuk mobil sekelasnya. Di atas kertas jika dibandingkan dengan Honda HR-V, atau Hyundai Creta sebagai pesaingnya, Grand Vitara masih sedikit lebih panjang, dan lebar.

Soal fitur keamanan, SUV 5-penumpang Suzuki itu disematkan 6 air bag, untuk pengereman sudah didukung ESP (Electronic Stability Program), ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution).

Meski bentuknya kompak, untuk memudahkan penggunanya di kondisi jalan tertentu, atau parkir sudah dilengkapi kamera 360 yang bisa meantau mobil secara utuh dari layar head. Lalu terdapat kamera parkir di bagian belakang, dan sensor parkir.

Sistem hiburan di dalam kabin, berpusat pada head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang dapat terhubung dengan smartphone. Menariknya tersedia Head Up Display (HUD) seperti Baleno, berupa layar transparan di atas panel instrumen untuk informasi kecepatan, perpindahan gigi, putaran mesin.

Grand Vitara hadir dengan dua varian, yaitu GX dan GL dengan beragam warna pilihan, seperti hitam, putih, biru, silver, abu-abu. Namun sayang, Suzuki belum mengumumkan harga resmi mobil terbarunya itu.

Menurut informasi dari beberapa tenaga penjual diler yang berjaga di booth Suzuki di pameran IIMS 2023, banderol SUV kompak asal India tersebut cukup kompetitif dibandingkan Hyundai Creta, HR-V, atau Kia Sonet.

“Informasinya kalau GL Rp350-360 juta, untuk GX Rp380-390 juta on the road, gambaran buat konsumen yang mau pesan kisarannya segitu, untuk booking fee sama seperti mobil umumnya Rp5 juta sebagai tanda jadi di IIMS,” ujar salah satu sales Suzuki.

Artinya tipe terendah lebih mahal dibandingkan Creta yang saat ini dilego Rp291,3 juta, dan lebih murah dari HR-V varian terbawah yang saat ini dibanderol Rp375,900 juta. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…