Dinas P3APPKB Gelar Capacity Building bagi Perempuan Industri Rumahan Tahun 2022

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 23 Juni 2022 18:46WIB
Pelatihan Capacity Building bagi Perempuan Industri Rumahan Tahun 2022 yang diselenggarakan Dinas P3APPKB Provinsi Kalteng.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Prov. Kalteng melalui Bidang Kualitas Hidup Perempuan menggelar kegiatan Capacity Building Bagi Perempuan Industri Rumahan Tahun 2022, di Aula Bawi Bahalap Lt.2 Kantor Dinas P3APPKB Prov. Kalteng, Rabu (22/6/2022).

Kegiatan dibuka secara resmi Kepala Dinas P3APPKB Prov. Kalteng Linae Victoria Aden, diikuti sebanyak 25 peserta, yang terdiri dari perempuan yang memiliki usaha industri rumahan.

Adapun bertindak sebagai Narasumber yakni, Kepala Dinas P3APPKB Prov. Kalteng Linae Victoria Aden dengan materi Pemberdayaan Perempuan di Bidang Ekonomi, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Dinas Koperasi dan UKM Prov. Kalteng Raty dengan materi Akses Permodalan dengan Bunga Rendah bagi Perempuan Usaha Industri Rumahan, dan Tenaga Ahli IT Dekrasnada Prov. Kalteng Frengklin Matatula dengan materi Packing dan Pemasaran Produk Usaha Industri Rumahan secara Digital.

Turut hadir Kepala Bidang dan Kepala UPT di Lingkungan DP3APPKB Prov. Kalteng serta Moderator dari Forum Puspa Prov. Kalteng Wasiyat Sidik Pramono.

Dalam arahannya Kepala Dinas P3APPKB menyampaikan salah satu Program Prioritas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada saat ini adalah meningkatkan kualitas hidup perempuan di bidang ekonomi, dan hal ini sesuai dengan arahan Presiden RI bahwa Tahun 2020-2024 ada 5 Program Prioritas Perempuan dan Anak yang salah satunya dari Program tersebut yaitu Peningkatan Pemberdayaan Perempuan dalam Kewirausahaan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia perempuan dibidang ekonomi khususnya industri rumahan sehingga mampu bersaing dengan industri rumahan lainnya serta meningkatkan kewirausahaan perempuan, dan  merupakan salah satu upaya penanggulangan kemiskinan di Kalteng yang selaras  dengan visi dan misi Bapak Gubernur Prov. Kalteng,” tutur Linae.

Lebih lanjut, dapat menciptakan peluang usaha yang luas dan membuka lapangan kerja bagi perempuan sehingga dapat meningkatkan usaha pendapatan bagi  perempuan untuk menuju Kalteng BerAKHLAK penuh dengan KeBERKAHan.

Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan DP3APPKB Prov. Kalteng Mariana dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan perempuan dalam pengembangan industri rumahan, menambah ilmu pengetahuan tentang cara packing dan pemasaran produk industri rumahan menggunakan teknologi digital dan meningkatkan kapasitas SDM bagi perempuan industri rumahan untuk mampu bersaing dengan industri rumahan lainnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memperluas kesempatan bagi kaum perempuan untuk mengembangkan potensi dirinya serta meningkatkan usaha pendapatan perempuan serta meningkatkan partisipasi perempuan dalam industri rumahan,” pungkas Mariana. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Komitmen Wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap Tahun 2024

Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng Pimpin Apel Aktivasi Posko dan Pos Lapangan Satgas Pengendalian Karhutla Badan…