Disbun Siap dan Selalu Berkolaborasi dengan BPS Prov. Kalteng Terkait Data dan Informasi

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 11 September 2022 14:11WIB
Nara sumber menyampaikan paparan

Dinas Perkebunan (Disbun) Prov.Kalteng mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Rencana Penyusunan Analisis Tematik Kependudukan dan Kompilasi Data Neraca Wilayah, diselenggarakan Badan Pusat Statistik (BPS) Prov. Kalteng di Aquarius Boutique Hotel, Kamis (8/9/2022).

Kegiatan yang diinisiasi BPS Prov. Kalteng ini dalam rangka persiapan penyusunan publikasi analisis tematik kependudukan hasil Sensus Penduduk 2020 Lanjutan (Long Form SP2020) dan dalam rangka kompilasi data neraca wilayah, yang diikuti oleh 24 orang peserta perwakilan dari dinas/instansi Perangkat Daerah lingkup Pemprov. Kalteng.

Acara dibuka Kepala BPS Prov. Kalteng Eko Marsoro, dengan narasumber dari BPS RI Wisnu Winardi, Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Kalteng dr. M. Fitriyanto Leksono, dengan moderator Arham Rifai.

Penyusunan analisis tematik kependudukan hasil LF SP2020 bertujuan untuk menyediakan analisis tematik kependudukan dalam mendukung perumusan kebijakan.

Adapun Disbun Prov. Kalteng sebagai salah satu perangkat daerah penyuplai data sektoral, turut ambil bagian mengikuti acara FGD tersebut, terkait dengan konfirmasi data survei PMTB yang telah kumpulkan oleh BPS Prov. Kalteng.

Pada kesempatan terpisah, Plt. Kadisbun Prov. Kalteng Rizky R. Badjuri mengatakan Disbun siap dan selalu berkolaborasi dengan BPS Prov. Kalteng terkait data dan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait Satu Data Indonesia. 

“Karena seperti kita ketahui bersama, data berperan sangat penting dalam setiap penyusunan dan pengambilan kebijakan baik perencanaan, pelaksanaan, evaluasi maupun untuk pengendalian pembangunan,” ucapnya.

Dalam arahan singkatnya Eko Marsoro menyebutkan hasil yang diinginkan dari kegiatan ini antara lain, diperolehnya data sekaligus konfirmasi data terkait survei khusus struktur input pemerintah tahun 2022 Prov. Kalteng dan konfirmasi data terkait survei penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) tahun 2022 Prov. Kalteng.

“Hasil Sensus Penduduk tahun 2020 lanjutan ini akan dapat menghasilkan parameter demografi penduduk yang lebih valid dan komposisi penduduk pada tahun-tahun mendatang pun akan tergambar lebih akurat. Sedangkan hasil pendataan PMTB sangat berguna untuk mengetahui kontribusi serta keterkaitan antara barang modal dengan pertumbuhan ekonomi maupun tingkat efisiensi pembangunan guna mendukung program prioritas nasional” tutur Eko. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Primandanu Febriyan Aziz Resmi Dikukuhkan Jadi Kepala OJK Kalteng

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Keuangan Konsumen sekaligus Anggota Dewan Komisioner…