Gas Elpiji 3K (1) Ada Pengecer Jual Elpiji 3Kg Diatas Harga Eceran Tertinggi

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 4 Mei 2023 13:40WIB
Tim gabungan ketika mekakukan sidak pengecer Elpiji 3Kg

Sejumlah pengecer ditemukan menjual gas Elpiji 3Kg diatas dari Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Palangka Raya Rp22 ribu per tabung. Namun diketahui, ada pengecer yang menjual gas elpiji 3Kg dengan harga berkisar Rp30 sampai Rp40 Ribu per tabung.

Hal tersebut terungkap dalam Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan Tim Gabungan Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kota Palangka Raya berkolaborasi dengan  Satpol PP, Kecamatan, Kelurahan, Babinsa, Babinkamtibnas, Pertamina Patra Niaga, kemarin.

Terpisah, Sekretaris Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Hadriansyah mengajak semua pihak membantu pemerintah untuk melakukan pengawasan dalam penyalurannya.  Hal ini agar pendistribusian gas elpiji bersubsidi benar-benar tetap sasaran.

“Di sini saya ajak semua pihak agar dapat membantu pemerintah dalam melakukan pengawasan terhadap penyaluran elpiji 3 kg. Selain itu, masyarakat sendiri juga dapat melakukan pengawasan. Jika tidak sesuai dengan Harga Eeceran Tertinggi (HET) yang ditentukan silahkan dilaporkan,” kata Hadriansyah, Rabu (3/5/2023).

Hadriansyah menerangkan bahwa sesuai dengan aturan yang berlaku, untuk gas bersubsidi itu sendiri tidak diperbolehkan dijual di eceran melainkan hanya diperbolehkan dijual oleh pangkalan lansung ke masyarakat itu sendiri.

Namun demikian, masih ada pangkalan nakal yang menjual gas elpiji itu kepada para pengecer. Hal ini dilihat dari masih banyaknya pengecer pinggiran yang menjual gas bersubsidi tersebut.

Diketahui gas elpiji bersubsidi tersebut dijual dengan harga yang tidak wajar atau tidak sesuai dari HET yang ditentukan pemerintah daerah yakni berkisar Rp30.000,00 hingga Rp40.000,00 per tabungnya.

“Oleh sebab itu, sekali lagi saya tekankan bahwa untuk meminimalisir hal tersebut mari kita bersinergi dalam memantau serta mengawasi penyaluran elpiji 3 kg ini sesuai aturan yang berlaku, agar tepat sasaran dan warga yang menerima tabung gas elpiji bersubsidi ini benar-benar warga yang tidak mampu,” tutupnya.  ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…