Inovasi Dekranasda Kalteng Berkolaborasi dengan Dinas Budpar, Gerakkan Industri Kecil Menengah

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Sabtu, 5 Maret 2022 16:41WIB
Kontestan Puteri Indonesia Kalteng Stella Bella mengunjungi galeri CBS.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran terus melakukan berbagai inovasi untuk memajukan sektor Industri Kecil Menengah (IKM) dengan berbagai terobosan-terobosan yang dinilai sangat efektif dan efisien, serta tepat sasaran.

Dimulai dari pembangunan Galeri Central Borneo Souvenir (CBS) yang merupakan sentra pusat oleh-oleh dan souvenir otentik khas Kalteng hasil karya dari pengrajin-pengrajin dari berbagai daerah di Kalteng dengan kualitas yang sangat baik dan harga terjangkau. Ketua Dekranada Ivo Sugianto Sabran juga mencetuskan inovasi Lapak Kuliner Gratis di halaman Gedung CBS, dengan memberikan fasilitas gratis berupa tenda, kursi, meja serta fasilitas pendukung lainnya.

Pandemi Covid-19 memaksa para pelaku usaha, khususnya sektor IKM mengubah cara pandang dalam melakukan promosi, komunikasi serta distribusi. Adaptasi kebiasaan baru dalam berbagai kebijakan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, mengubah gaya hidup masyarakat didalam aktifitas jual dan beli.

Digitalisasi menjadi salahsatu kunci untuk dapat bertahan, pelaku usaha dituntut bergerak cepat untuk beradaptasi. Berdasarkan data dari YouGov, yang dikutip dari Facebook for Business, penggunaan media social naik hingga 38% selama pandemi Covid-19. Angka tinggi ini sudah selayaknya ditangkap sebagai peluang bagi pelaku Ekraf di Indonesia untuk melakukan digitalisasi, tidak terkecuali di Kalteng.

Ivo Sugianto Sabran kembali melakukan terobosan untuk memfasilitasi para pelaku IKM dengan membuat media Perdagangan Elektronik atau yang biasa kita sebut dengan E-commerce melalui website www.tokokaltengberkah.com. Melalui E-Commerce ini diharapkan para pelaku IKM dapat dengan mudah memasarkan produk-produknya serta bisa meningkatkan pendapatan pelaku IKM.

“Saya lihat ini langkah yang luar biasa semenjak adanya Ibu Ivo Sugianto Sabran sebagai ketua dekranasda, berbagai inovasi sudah dilakukan, termasuk salah satunya pusat souvenir CBS ini,” ucap Plt. Kepala Dinas Kominfosantik Prov Kalteng Agus Siswadi saat mengunjungi CBS dan Lapak Kuliner Gratis, Jumat (4/3/2022) malam.

Agus Siswadi yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Promosi dan Humas Dekranasda Prov Kalteng ini mengatakan bahwa Ketua Dekranasda Ivo Sugianto Sabran telah berhasil menggerakkan serta mengimplementasikan sejumlah ide serta inovasi yang telah dan yang akan dilakukan oleh Dekranasda.

“Karena bagaimanapun ide itu luar biasa, Ibu Ivo telah berhasil menggerakkan serta mengimplementasikan ide-ide serta inovasi yang bertujuan untuk membangkitkan sektor IKM yang terdampak oleh pandemi ini,” jelas Agus Siswadi.

Pihaknya juga menilai bahwa produk kerajinan Kalteng memiliki kualitas yang baik serta kaya akan nilai sejarah. promosi, sosialiasi serta edukasi dikolaborasikan untuk memberikan pengalaman baru kepada para pengunjung yang datang, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Saya lihat juga ketika tamu-tamu dari luar daerah selalu berkunjung kesini, artinya CBS sudah dikenal dan ini merupakan sentra produk dari Kalteng, kearifan lokal yang ditonjolkan disini sangat bagus sekali, dan saya lihat juga inovasi-inovasi yang lain dengan adanya Lapak Kuliner Gratis dan juga bintang tamu yang tidak kalah menarikC menambah daya tarik untuk mengunjungi CBS,” imbuhnya.

“Pembentukan e-commerce luar biasa bagus untuk mencari jaringan dan memasarkan produk-produk lokal yang bisa dikenal luas ditingkat nasional bahkan sampai mancanegara sebagai jangkauan yang lebih luas,” tutup Agus Siswadi.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Hj. Adiah Chandra Sari mengapresiasi dan mendukung penuh sejumlah program dan inovasi yang telah dilakukan Ketua Dekranasda Prov Kalteng Ivo Sugianto Sabran. Pihaknya terus berkoordinasi untuk melakukan kolaborasi dengan Dekranasda terhadap sejumlah program, salahsatunya program pelatihan kepada pelaku IKM.

“Pariwisata dan ekonomi kreatif tidak bisa dipisahkan dan dekranasda ini adalah salah satu wujud dari ekonomi kreatif itu sendiri sehingga tentu kolaborasi antara dinas kebudayaan pariwisata dengan dekranasda ini sangat erat sekali. Jadi kita juga membina para pengrajin kemudian ada beberapa program kami yg memberikan pelatihan-pelatihan untuk para pengrajin tersebut,” ucap Adiah saat mengunjungi CBS dan Lapak Kuliner Gratis, Kamis (4/3/2022) malam.

Lapak Kuliner Gratis juga menghadirkan bintang tamu spesial yaitu Kontestan Putri Indonesia Kalteng 2022 Stella Bella. Pihaknya berharap Stella bisa menjadi agen untuk bisa mempromosikan ekonomi kreatif, seni dan budaya, serta sektor penting lainnya di Kalteng.

“Putri Indonesia Kalimantan Tengah kita harap nanti bisa menjadi agen kita untuk mempromosikan seni budaya dan wisata ekonomi kreatif yang ada di Kalteng ini jadi mudah mudahan nanti kita berharap agar putri Indonesia Kalteng ini bisa sukses di nasional sehingga bisa mengharumkan nama Kalteng otomatis juga bisa mempromosikan apa saja potensi-potensi yang ada di Kalteng dan dapat dia promosikan melalui ajang Putri Indonesia Kalteng ini,” tutup Adiah.

Sementara itu Kontestan Putri Indonesia Kalteng Stella Bella menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalteng. Stella juga meminta dukungan kepada segenap masyarakat Kalteng dalam ajang bergengsi Putri Indonesia, serta berharap dapat membawa nama harum Bumi Tambun Bungai di kancah nasional dan mancanegara.

Stella juga berkesempatan mengunjungi galeri CBS untuk melihat aneka kerajinan, makanan dan minuman serta produk olahan khas Kalteng yang otentik dan memiliki nilai seni dan history yang tinggi.

“Saya kagum sekali saat pertama kali masuk dan melihat aneka souvenir hasil karya pengrajin dari Kalimantan Tengah, produk-produk lokasi disini keren-keren banget, kita juga harus terus support produk lokal khas Kalteng, karena kualitasnya sangat sangat baik sekali,” tutup Stella. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…