Komiditi Sawit Menjanjikan Bupati Minta Warga Bartim Memanfaatkan Peluang

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 17 Maret 2022 18:49WIB
Bupati Bartim Ampera AY Mebas.

Tak diragukan lagi, komoditi Kelapa Sawit sekarang ini mulai menjanjikan. Selain sebagai bahan pembuatan minyak goreng, kelapa sawit juga dimanfaatkan  sebagai bahan pembutan biodiesel. Tak hanya dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan minyak goreng dan biodiesel, kelapa sawit juga bisa digunakan sebagai bahan campuran cat, bahan campuran pengolahan mentega dan sebagai bahan campuran membuat oli atau pelumas.

Karena banyaknya manfaat kelapa sawit itu, Bupati Barito Ampera AY Mebas memiliki ide warga di Kabupaten Barito Timur menanam kelapa sawit disamping tetap mengelola kebun karet yang sudah ada.

“Saya memiliki pemikiran pribadi satu Kepala Keluarga di Bartim menanam 1  hektare kelapa sawit. Nanti bibitnya di bantu Pemerintah Daerah melalui dinas terkait,” terang Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas saat memberikan sambutan pada acara tanam perdana jagung komposit di Desa Netampin Kecamatan Dusun Tengah, beberapa waktu lalu.

Mengapa Bupati Bartim memiliki pemikiran agar warga menanam sawit? Orang Nomor Satu di Gumi Jari Janang Kalalawah ini mengatakan kedepannya sawit akan banyak diperlukan sebagai bahan baku energi terbarukan, salah satunya adalah biodiesel.”Saat ini 30 persen bahan biodiesel dari kelapa sawit. Selanjutnya akan dikembangkan menjadi 50 persen,” terang Ampera.

Ampera mengatakan  Presiden RI Joko Widodo dalam beberapa kesempataan meminta bahan biodesel 100 persen dari kelapa sawit. “Prospek kedepanya kelapa sawit ini baik karena digunakan bahan membuat energi terbarukan. Kalau menjadi bahan energi terbarukan itu artinya kelapa sawit dibutuhkan terus,” terang Ampera.

Karena itu Bupati Bartim dua periode ini meminta kepada Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bartim yang hadir dalam acara tanam jagung komposit di Netampin dan dinas terkait untuk mengkaji pemikiran yang Ia sampaikan ini. “Mudah-mudahan ide saya ini bisa dilaksanakan,” harap Ampera. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…