Mulai 22 Februari, Smart Aviation Layani Penerbangan Sampit – Palangka Raya dan Pangkalan Bun

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 19 Februari 2023 13:31WIB
Penerbangan perdana Smart Aviation singgah di Bandara H Asan Sampit

Maskapai penerbangan Smart Aviation membuka penerbangan menghubungkan tiga daerah strategis di Kalimantan Tengah yaitu Kota Palangka Raya, Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur dan Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat. 

Penerbangan pesawat ini menjadi alternatif bagi warga Sampit yang hendak bepergian ke Palangka Raya maupun Pangkalan Bun. Waktu tempuhnya kurang satu dari satu jam, lebih singkat dibanding melalui jalur darat yang waktu tempuhnya mencapai empat jam, bahkan bisa lebih. 

Bupati Kotawaringin Timur,  Halikinnor mengaku senang dan mengapresiasi dibukanya penerbangan rute Sampit tujuan Kota Palangka Raya dan Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat karena akan memudahkan mobilitas masyarakat. 

“Kami berterima kasih karena rute ini telah dibuka. Ini akan membantu warga kami yang ingin bepergian ke dua kota tujuan tersebut dalam waktu cepat sehingga efektif. Mudah-mudahan nantinya ini bisa terus dikembangkan,” kata Halikinnor di Sampit, Sabtu (18/2/2023).

Menurut Halikinnor, permintaan layanan transportasi udara di Kotawaringin Timur terus meningkat, baik rute antarpulau maupun antarkota di Kalimantan. Sayangnya frekuensi penerbangan di Bandara Haji Asan Sampit masih terbatas sehingga banyak calon penumpang memilih terbang melalui daerah tetangga seperti Kota Palangka Raya maupun Pangkalan Bun. 

Halikinnor menyambut positif dibukanya penerbangan tujuan Palangka Raya dan Pangkalan Bun, diyakin akan membawa dampak positif terhadap perekonomian Kotawaringin Timur. 

Dia mendorong agar Smart Aviation mengembangkan layanan dengan menambah rute dan frekuensi penerbangan. Apalagi dengan keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur maka diyakini akan berdampak terhadap daerah lain di Kalimantan, termasuk Kotawaringin Timur. 

“Kalau bisa nanti juga Sampit-Banjarmasin. Jadi misalnya kalau penerbangan dari sini ke Surabaya tidak ada maka kita ada altern:atif melalui bandara di Palangka Raya atau Banjarmasin,” harap Halikinnor. 

Halikinnor berharap penerbangan di Bandara Haji Asan Sampit terus dapat ditingkatkan . Pemerintah daerah juga sedang berupaya mendukung pengembangan Bandara Haji Asan Sampit agar bisa didarati pesawat berbadan lebar. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Widiya Kumala Wati, Volunteer dan Satgas PPA dari Kalteng, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Sosial Budaya

Widiya Kumala Wati volunteer dari berbagai organisasi dan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Provinsi Kalimantan…