Pelni Pangkalan Bun; Belum Ada Kenaikan Tarif Tiket Penumpang

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 11 September 2022 15:40WIB
Kapal PT Pelni sandar di Pelabuhan Kumai

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Pangkalan Bun, memastikan hingga saat ini belum ada terjadi kenaikan atau penyesuaian harga tiket penumpang, pasca terjadinya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Kepala Kantor Cabang PT Pelni Pangkalan Bun, Roni Abdullah mengatakan, hingga saat ini harga tiket penumpang masih normal tidak ada kenaikan dampak dari adanya kenaikan harga BBM.

“Untuk harga normal dari Pelabuhan Kumai ke Surabaya kelas ekonomi masih di Rp200 ribu untuk dewasa dan untuk Kumai ke Semarang masih tetap di harga Rp189 ribu,” ujarnya.

Namun dijelaskan Roni, kedepan belum bisa dipastikan ada atau tidaknya kenaikan harga tiket penumpang. Saat ini masih digodok oleh pihak terkait, seperti Kemenhub, Kementerian BUMN, PT Pelni, dan PT Pelindo.

“Ya masih dibahas sih sebenarnya soal penyesuaian harga ini, kita di sini masih menunggu informasi lanjutan perihal kebijakan dari atas,” terangnya.

Saat ini PT Pelni menyediakan dua unit kapal penumpang yakni KM Kelimutu dan KM Awu yang melayani rute Kumai ke Surabaya dan Kumai ke Tanjung Emas Semarang.

“Sebelumnya kita menyediakan tiga unit kapal, namun satu unit kapal yakni KM Lawit saat ini masuk ‘dock’ untuk perawatan,” jelasnya.

Untuk penumpang sendiri, antusiasme masyarakat dalam menggunakan transportasi laut masih terhitung normal dan pada setiap keberangkatan sekitar 300 penumpang yang naik dari Pelabuhan Kumai.

“Kebanyakan penumpang kita dari pekerja sawit dengan tujuan beberapa daerah ke Indonesia Timur, misal Bima, Waingapu, Kupang, dan daerah lainnya. Karena kapal kita setelah ke Surabaya langsung meneruskan perjalanan tujuan Indonesia bagian timur,” katanya.

Adapun daftar jadwal keberangkatan kapal dari PT Pelni Cabang Pangkalan Bun/Kumai untuk September, yakni
KM Kelimutu dan KM Awu tujuan Surabaya yakni tanggal 2, 9, 15, dan 23 September. Sementara tujuan Semarang yakni tanggal 8 dan 21 September.

“Untuk pembelian tiket bisa langsung ke loket di kantor cabang PT Pelni Pangkalan Bun, di Loket Pelabuhan Kumai, via online www.pelni.co.id, lewat whatsapp 082252963744 atau lewat agen travel,” katanya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemprov Segera Launching Logo Resmi Hari Jadi Ke 67 Provinsi Kalteng Tahun 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan segera me-launching logo Hari Jadi Ke-67 Provinsi Kalteng…