Pemprov Kalteng Sediakan 2 Jenis Beras Bersubsidi Jelang Natal 2022 dan Pengendalian lnflasi 2023

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 9 Desember 2022 11:32WIB
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalteng Riza Rahmadi bersama Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kalteng Amrullah meninjau gudang stock ketersediaan beras

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Ketahanan Pangan meninjau stock ketersediaan beras yang diperuntukkan untuk operasi pasar, pasar murah dan pasar penyeimbang bersubsidi menjelang Hari Raya Natal Tahun 2022 serta Pengendalian lnflasi Tahun 2023, di Komplek Pergudangan Bulog, Jl. Tjilik Riwut Km. 7, Jumat (9/12/2022).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Riza Rahmadi dalam arahannya mengatakan, kunjungan ini dalam rangka untuk menindaklanjuti MoU antara Pemprov Kalteng dengan Perum Bulog Kalteng terkait instruksi Gubernur Kalteng tentang penyediaan beras.

“Pemprov Kalteng akan menyediakan beras bersubsidi dengan jenis beras pera (karau) senilai Rp6000/kg dengan total kuantum sebanyak 1.350 ton dan beras premium (pulen) senilai Rp4000/kg dengan total kuantum sebanyak 1.350 ton. Jadi total subsidi 2.700 ton,” terang Riza.

“Mudah-mudahan pilihan 2 jenis beras ini bisa membantu kita dalam pengendalian inflasi, karena baik November maupun Oktober kemarin beras memberikan andil yang cukup besar terhadap inflasi di Prov. Kalteng,” pungkas Riza.

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Kalteng Amrullah menambahkan, subsidi ini merupakan satu program yang cukup bagus terutama terkait dengan ketersediaan dan keterjangkauan masyarakat dengan adanya subsidi di beras. Khusus wilayah Palangka Raya, rata-rata masyarakatnya mengkonsumsi beras siam yang harganya tinggi. Diharapkan beras pera (karau) yang harganya jauh lebih rendah dibandingkan dengan beras siam lambat laun bisa turun.

“Artinya kita menyiapkan beras pera (karau) yang harganya jauh lebih rendah dibandingkan dengan beras siam. Sehingga dengan adanya stock beras yang kita salurkan kepada masyarakat dengan harga subsidi, kita berharap beras siam akan turun harganya pelan-pelan,” tandasnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemprov Segera Launching Logo Resmi Hari Jadi Ke 67 Provinsi Kalteng Tahun 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan segera me-launching logo Hari Jadi Ke-67 Provinsi Kalteng…