Pertamina Bagikan 1.880 Paket Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan dan Petani di Kalteng

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 20 Desember 2022 14:23WIB
Paket bantuan konfensi BBM ke BBG yang diserahkan kepada nelayan dan petani di Kalteng

PT Pertamina Patra Niaga membagikan 1.880 paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) kepada nelayan dan petani di dua kabupaten yakni Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Seruyan, Kalteng.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra mengatakan, Pertamina akan terus berkomitmen dalam mendukung program dari pemerintah, salah satu diantarannya yakni program konversi BBM ke BBG bagi para nelayan dan petani yang membutuhkan.

“Sebelumnya kami melakukankan sosialisasi program konversi BBM ke BBG untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan. Sebanyak 1.880 paket konversi diberikan bagi nelayan dan petani yang berada di dua kabupaten,” ujar Arya.

Menurutnya, konversi BBM ke BBG dilakukan guna mendukung ketahanan energi, penyediaan energi alternatif, menyokong ekonomi masyarakat, dan mendorong penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.

“Pertamina ditugaskan mendukung kebijakan pemerintah dalam penggunaan BBM ke BBG sebagai bagian dari kebijakan energi nasional untuk mendukung ketahanan energi serta penyediaan energi alternatif yang lebih ramah lingkungan bagi nelayan,” terangnya.

Sales Area Manager Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng), Jalu Tarwoco menambahkan, setiap nelayan akan mendapatkan satu unit mesin kapal, dua tabung LPG 3 kg, satu set baling-baling, dan satu set konverter kit.

“Kegiatan ini sesuai dengan Perpres Nomor 5 Tahun 2006 program ini mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan penggunaan energi ramah lingkungan sehingga mengurangi tingkat polusi dan pencemaran,” kata Jalu.

Menurut Jalu, program konversi ini dijalankan sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang berlaku dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 38 Tahun 2019 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga LPG untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan Sasaran dan mesin pompa air bagi petani sasaran. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Widiya Kumala Wati, Volunteer dan Satgas PPA dari Kalteng, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Sosial Budaya

Widiya Kumala Wati volunteer dari berbagai organisasi dan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Provinsi Kalimantan…