Perusahaan Besar Swasta Kelapa Sawit Sepakat Beli TBS Masyarakat Rp1.600/Kg

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 12 Juli 2022 16:42WIB
Bupati Seruyan Yulhaidir disaksikan Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo menandatangani kesepakatan dengan perusahaan besar swasta kelapa sawit (PBS-KS).

Bupati Seruyan, Yulhaidir memanggil Perusahaan Besar Swasta Kelapa Sawit (PBS-KS) yang beroperasi di wilayah Seruyan dalam rangka pertemuan mengenai harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit , sebagai tindak lanjut dari surat edaran Kementerian Pertanian mengenai harga TBS Sawit.

Dalam pertemuan tersebut Pemerintah Kabupaten Seruyan bersama dengan perusahaan besar swasta kelapa sawit dan perusahaan pabrik kelapa sawit  telah bersepakat membeli  tandan buah segar (TBS) produksi milik masyarakat atau kebun masyarakat dengan harga Rp1.600/kg sesuai dengan surat edaran Kementerian Pertanian.

Berita acara tersebut disepakati Bupati Seruyan Yulhaidir, Ketua DPRD Zuli Eko Prasetyo serta perwakilan dari PBS dan PKS yakni Sinar Mas Group, Selonok Ladang Mas, Gawi Bahandep Sawit Mekar, Musirawas Citraharpindo, Sawit Mas Nugraha Perdana serta juga perwakilan Camat.

“Alhamdulillah sudah bisa disepakati bersama terkait harga TBS mereka yang hadir sepakat untuk mengikuti surat edaran Kementerian Pertanian,” ungkap Bupati Seruyan Yulhaidir, Selasa (12/7/2022).

Menurut Bupati, dalam kesepakatan bersama tersebut  yakni seluruh perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Seruyan Wajib dan Harus membeli TBS milik pekebun swadaya dengan harga minimal Rp. 1.600 Perkilogram TBS sesuai dengan surat Menteri Pertanian nomor 144/KB 310/M/6/2022 tanggal 30 Juni 2022 Hal Pembelian Tandan Buah Segar (TBS) Produksi Pekebun dan surat Bupati Seruyan Nomor 500/1148/EK SDA/VIV2022 tanggal 01 Juli 2022 perihal harga pembelian Tandan Buah Segar (TBS) Produksi Pekebun Swadaya.

“Perusahaan besar kelapa sawit dan pabrik kelapa sawit di Kabupaten Seruyan yang tidak berhadir pada rapat hari ini dianggap Setuju dan Wajib melaksanakan kesepakatan ini. Kemudian berita acara ini dilaksanakan paling lambat tiga  hari sejak ditandatangani bersama,” ungkapnya.

Dalam kesepakatan itu, seluruh Camat diminta untuk  melakukan pengawasan terhadap pembelian TBS oleh Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit / Pabrik Kelapa Sawit diwilayah masing-masing serta juga berkoordinasi dengan Kapolsek, Danramil setempat, hasil pengawasan dilaporkan kepada Bupati Seruyan.

“Kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan untuk melakukan pengawasan ditingkat Kabupaten berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Kita harus tegas bila itu menyangkut dengan kepentingan masyarakat karena ini menyangkut dengan hajat hidup orang banyak jadi kita harus gerak cepat,” kata Bupati. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…