Program PEN Bantu Bangkitkan Semua Sektor Usaha

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Sabtu, 26 Februari 2022 09:18WIB
Ketua TP PKK Kota Palangka Raya, Avina Fairid Nafarin melihat hasil produksi UMKM Kota Palangka Raya, yang dipamerkan belum lama tadi.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Rawang, mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum memperoleh informasi terkait penyaluran program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), terutama untuk membantu program koperasi, UMKM atau IKM.

“Sampai saat ini belum ada informasi program PEN berupa relaksasi pinjaman atau pembiayaan dan penguatan permodalan usaha yang digulirkan pemerintah,” ungkapnya, Jumat (25/2/2022).

Menurut Rawang, bicara soal sasaran atau penyaluran program percepatan pemulihan ekonomi, maka bukan berarti hanya difokuskan untuk membantu bidang koperasi, UMKM atau IKM saja. Namun banyak bidang atau sektor lainnya yang menjadi sasaran program.

“Sasaran program pemulihan ekonomi ini luas. Selain koperasi, UMKM atau IKM, maka bidang seperti pertanian, perikanan, hingga kepariwisataan dan bidang lain-lainnya tersentuh menjadi sasaran program ini,”jelasnya.

Termasuk juga tambah dia bidang kesehatan, bantuan sosial (bansos), dan permasalahan sosial-ekonomi lainnya, menjadi sasaran program percepatan pemulihan ekonomi nasional, sebagai dampak pandemi Covid-19.

Terlepas dari itu semua tambah Rawang, apabila pada saatnya program pemulihan ekomomi telah digulirkan, maka secara tersistematis pemerintah tentu memastikan penyaluran program secara tepat sasaran.

Sebut saja, adanya program relaksasi pinjaman atau pembiayaan dan penguatan permodalan usaha bagi UMKM, maka harus melalui mekanisme dalam pengaturannya sehingga tepat sasaran.

“Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya sendiri, jauh sebelumnya sudah mengusulkan sebanyak 23 ribu usaha kecil, bisa tersentuh program pemulihan ekonomi ini. Tapi sampai saat ini belum diketahui apakah program ini dilanjutkan atau tidak,”tukas Rawang.

Sejatinya tambah dia, program pemulihan ekonomi tersebut sangat baik dalam mendukung upaya-upaya cepat dan komprehensif membantu berbagai bidang dan sektor usaha masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

38 Warga Palangka Raya Terjaring Razia Penindakan Pelanggaran Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Lingkungan

Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palangka Raya menggelar razia yustisi untuk…