10 Buah Ini Mengandung Kalsium Tinggi, Bagus untuk Kesehatan

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Rabu, 31 Januari 2024 18:05WIB
Stroberi

Bukan cuma susu atau produk dairy yang mengandung kalsium tinggi. Beberapa jenis buah mengandung kalsium yang tinggi.

Kalsium merupakan mineral yang membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.Ini juga memainkan beberapa peran penting lainnya termasuk fungsi saraf dan otot.

Produk susu dan telur mengandung kalsium, namun sulit bagi orang yang mengikuti pola makan vegan untuk memenuhi kebutuhan harian sekitar1.000 mg kalsium per hari tanpa memasukkan susu dan telur ke dalam makanan mereka .

Penting untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang kaya kalsium.Berbagai buah kaya kalsium membantu menjaga kesehatan, kekuatan tulang, dan gigi.

Selain itu, makanan kaya kalsium mencegah osteoporosis, kram otot, gangguan saraf, dan fungsi jantung tidak normal.

Berikut buah mengandung kalsium dan baik untuk kesehatan:

Jeruk
Salah satu buah terbaik yang kaya akan kalsium.Mereka mengandung 45 hingga 50 mg kalsium per 100 gram dan berbagai vitamin. Buah ini menyediakan serat dan kaya akan antioksidan.

Aprikot
Buah ini merupakan sumber kalsium terbaik. Selain itu aprikot kering rasanya enak dan menyehatkan.

Aprikot biasanya mengandung sekitar 15 mg kalsium per 100 gram porsi. Anda bisa memasukkannya dengan makanan kaya kalsium lainnya.

Kiwi
Mengutip MedicineNet, buah-buahan lezat yang kaya akan kalsium dan sarat dengan berbagai vitamin penting lainnya yang bermanfaat bagi tubuh.Orang-orang dari segala kelompok umur mengonsumsi kiwi, dan kiwi dapat dimasukkan ke dalam makanan Anda dalam bentuk buah utuh, smoothie, jus, dan lainnya.

Kiwi mengandung 30 mg kalsium per 100 gram porsi-60 mg kalsium dalam satu gelas kiwi jus.

Murbei
Makanan kaya kalsium dan lezat. Satu cangkir murbei mengandung 55 mg kalsium.Ini dapat dimasukkan dalam makanan Anda sebagai buah utuh, smoothie, jus, dan makanan penutup.

Grapefruits
Salah satu buah terbaik yang enak dan kaya kalsium. Buah-buahan ini membantu mengatur tekanan dan menjaga kesehatan jantung. Secangkir jus grapefruit mengandung 50 mg kalsium.Buah-buahan ini bisa dimasukkan ke dalam makanan Anda sebagai buah utuh atau jus.

Blackcurrant
Dianggap sebagai sumber kalsium penting bagi wanita.Buah ini memiliki efek positif bagi kesehatan wanita. Blackcurrant bermanfaat bagi ibu hamil, mengurangi peradangan, dan menjauhkan efek menopause pada wanita.

Satu porsi blackcurrant dalam 100 gram mengandung 55 mg kalsium. Buah-buahan ini dapat dimasukkan ke dalam makanan Anda sebagai buah utuh dan jus.

Jeruk Nipis
Buah ini mengandung kalsium tinggi.  Satu porsi 100 gram jeruk nipis mengandung 33 mg kalsium.

Selain itu, jeruk nipis juga memiliki berbagai nutrisi lain, seperti vitamin C. Jeruk nipis kaya akan antioksidan yang membantu melawan penyakit, menjaga kulit tetap bersih dan sehat, serta meredakan masalah pencernaan seperti sembelit.  Anda bisa mencampur jeruk nipis dengan jus atau smoothie.

Pepaya
Dianggap sehat dan enak dengan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Buah ini adalah salah satu makanan kaya kalsium yang mengandung 20 mg kalsium per 100 gram porsi. 

Pepaya ini juga dapat melindungi Anda dari risiko kanker usus besar dan meningkatkan kesehatan jantung.
Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang membantu menghilangkan rasa sakit.

Stroberi
Berwarna merah muda kemerahan dan kaya akan berbagai nutrisi. Buah-buahan ini mengandung 16 mg kalsium untuk 100 gram penyajiannya.

Stroberi memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya, seperti membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan penglihatan.

Pisang
Buah-buahan yang umum tersedia dan merupakan sumber kalsium yang baik.Secangkir irisan pisang memberikan sekitar 8 mg kalsium.

Selain itu, mereka terkenal karena manfaat pencernaannya, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur kadar gula darah, dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular.Pisang dapat dimasukkan sebagai buah utuh, shake, dan smoothie dalam makanan Anda.

Jambu biji
Buah sehat dan lezat yang merupakan sumber kalsium yang baik.Mereka mengandung 18 mg kalsium per 100 gram porsi.

Selain itu, mereka kaya akan vitamin C,likopen, dan antioksidan. Buah-buahan ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan buah-buahan kaya asam folat ini bermanfaat bagi ibu hamil. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Logo HUT Ke 67 Provinsi Kalteng 2024 Diluncurkan

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Kalteng, diluncurkan dilakukan secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub)…