10 Menu Buka Puasa 1444 H Manis Dijamin Menggugah Selera

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 12 Maret 2023 15:09WIB
Kolak pisang

Jelang Ramadan, sudah mulai membayangkan menu apa yang enak untuk disantap saat buka puasa.

Hidangan manis masih menjadi menu favorit, selain dari gorengan tentunya. Selain enak, menu buka puasa manis bisa menambah tenaga setelah seharian berpuasa. Kalau minuman, tentu sekaligus bisa melepas dahaga.

Apa saja menu buka puasa manis yang bisa Anda sajikan nanti saat Ramadan? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/3/2023).

Kurma

Kurma bisa dibilang makanan wajib saat buka puasa di bulan Ramadan. Rasanya yang manis dan gurih cocok dipadukan dengan minuman apa saja. Selain itu, kurma mengandung nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi. 100 gram kurma mengandung 7 gram serat, 2 gram protein, kalium, magnesium, zinc, tembaga, mangan, dan vitamin B6. Kurma juga mengandung antioksidan tinggi.

Biji salak

Menu buka puasa manis berikutnya yang pasti ada saat Ramadan adalah biji salak. Biasanya biji salak terbuat dari ubi jalar, dan disajikan dengan kuah santan yang gurih berpadu dengan manisnya gula aren.

Kolak singkong

Kolak menjadi menu yang populer untuk buka puasa saat Ramadan. Kolak pun ada banyak macamnya, salah satunya isiian singkong yang lembut dan legit. Kolak singkong disajikan dengan santan kental, gurih dan lembutnya pasti bikin nagih!

Kolak pisang

Tak hanya kolak singkong atau biji salak, kolang pisang juga jadi menu favorit takjil saat Ramadan. Biasanya kolak pisang dicampurkan dengan kolang-kaling ataupun ubi.

Sop buah

Ini adalah minuman segar pelegas dahaga saat berbuka puasa. Segarnya minuman dari aneka buah ini dijamin bikin tenggorokan adem. Jika membuatnya sendiri, Anda bisa memasukkan berbagai buah kesukaan ke dalamnya. Seperti buah naga, bleweh, stroberi, alpukat, dan lain sebagainya, kemudian dicampurkan dengan susu kental manis dan sirup secukupnya. Jangan lupa tambahkan es dan biji selasih jika ingin.

Es mentimun

Timun kaya kandungan air sehingga sangat cocok sebagai menu berbuka puasa di hari pertama. Cara membuatnya juga sangat sederhana, hanya dengan mencampur sirup dan es batu dengan daging mentimun yang telah diserut.

Es Blewah

Blewah menjadi salah satu buah yang memiliki banyak kandungan air sehingga cocok sebagai menu berbuka puasa. Anda bisa memakan blewah yang sudah diserut dengan mencampurnya dengan gula dan es batu atau menambahkan sirup sesuai selera.

Es Kelapa

Kelapa terkenal akan kesegarannya. Mengonsumsi air kelapa untuk berbuka dapat membantu menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa. Es kelapa bisa langsung dikonsumsi hanya dengan menambahkan es batu. Anda juga bisa sedikit gula cair sesuai selera agar lebih nikmat.

Gemblong

Berikutnya takjil yang sering menjadi incaran saat buka puasa adalah gemblong. Jajanan pasar ini memang pas dicicipi bersama teh hangat selagi berbuka puasa.

Pisang coklat

Menu buka puasa manis yang terakhir ada pisang coklat. Biasanya pisang coklat juga dinikmati dengan teh hangat. Rasanya yang enak, suka bikin susah berhenti ngunyah. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…