15 Jurusan Menjanjikan yang Mudah Dapat Kerja, Ilmu Komunikasi Termasuk?

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 29 Mei 2022 15:57WIB
Jurusan yang menjanjikan lapangan kerja.

Bagi kamu yang ingin memilih jurusan berdasarkan prospek karier yang banyak dibutuhkan di masa depan, beberapa jurusan di bawah ini bisa dipertimbangkan.

Dari sekian banyak pilihan jurusan kuliah, ada beberapa jurusan yang mudah dapat kerja karena kebutuhan di lapangan kerja yang terus ada.

Lantas apa saja jurusan yang mudah dapat kerja tersebut? Berikut ulasannya.

1. Kedokteran
Pandemi COVID-19 telah membuktikan bahwa bidang kedokteran menjadi salah satu yang terpenting untuk kehidupan di masa depan.

Di samping menjadi dokter dengan beragam opsi spesialisasi, lulusan kedokteran juga memiliki peluang menjadi ahli epidemiologi hingga ilmuwan klinis dan genomik.

2. Keperawatan
Seiring dengan meningkatnya gaya hidup orang tentang kesadaran kesehatan, membuat layanan kesehatan seperti rumah sakit atau klinik membutuhkan banyak profesi perawat.

3. Farmasi
Kebutuhan profesi di bidang farmasi akan terus meningkat di masa depan mengingat apa yang dilalui banyak orang di masa pandemi.

Untuk lulusan jurusan farmasi tak hanya bisa menjadi apoteker mandiri atau di rumah sakit. Melainkan bisa juga menjadi rekan peneliti klinis, ilmuwan pengembangan produk dan proses di perusahaan, petugas urusan regulasi, ilmuwan ilmu hayati, dan ahli toksikologi.

4. Administrasi kesehatan
Masih di bidang kesehatan, lulusan jurusan ini juga akan dibutuhkan di berbagai rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya.

5. Teknologi Informasi
Bidang teknologi yang terus berkembang juga membutuhkan posisi ahli teknologi informasi lebih banyak untuk mengatur sistem yang tak hanya internet tapi juga infrastruktur aplikasi.

6. Teknik/Ilmu Komputer
Jurusan yang identik dengan computer programming ini banyak sekali dibutuhkan perusahaan untuk menunjang kemajuan bidang teknologi.

7. Teknik Industri
Selanjutnya ada jurusan teknik industri yang banyak dibutuhkan perusahaan untuk berbagai posisi, mulai dari analis sistem, operations engineer, hingga pengawas manufaktur.

8. Ilmu Komunikasi
Ilmu komunikasi memiliki prospek kerja yang luas di bidang media kreatif seperti menjadi social media strategist, penyiar, jurnalis, videografer, fotografer, hingga voice over.

9. Hubungan Internasional
Tak berbeda jauh dengan prospek karier ilmu komunikasi, jurusan ini juga dibutuhkan banyak bidang komunikasi bahkan hingga di level internasional. Seperti menjadi duta besar, diplomat, staf kantor internasional, wartawan, jurnalis, hingga peneliti.

10. Manajemen dan Bisnis
Lulusan jurusan ini memiliki kecakapan analisis data yang akan terus dicari di berbagai sektor industri.

11. Akuntansi dan Keuangan
Prospek karier lulusan ini cukup mudah didapatkan, di antaranya bisa menjadi auditor internal, akuntan publik, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

12. Ekonomi
Dengan kecakapan dan kompetensi yang dimiliki, lulusan jurusan ekonomi akan dibutuhkan di sektor perdagangan, produksi, kebiasaan di masyarakat, hukum, pemerintahan, dan politik internasional.

13. Marketing
Dengan kemampuan pemasaran yang andal, jurusan ini banyak dibutuhkan di banyak bidang. Mulai dari industri bisnis, media, hingga startup.

14. Hukum
Hingga masa depan berbagai peluang karier terkait hukum selalu terbuka. Mulai dari sebagai panitera junior, paralegal, penata arsip hukum, pengacara magang, pemeriksa litigasi, koordinator mediasi, hingga konsultan hukum.

15. Arsitektur
Jurusan arsitektur kini memiliki banyak peluang karier di industri kreatif. Lulusan arsitektur banyak dicari sebagai desainer spasial dan interior, surveyor bangunan, perencana wilayah, desainer set di industri hiburan, hingga peninjau bangunan bersejarah. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

MK Juga Tolak Gugatan Hasil Pilpres 2024 dari Ganjar-Mahfud!

Mahkamah Konstitusi (MK) juga menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan…