5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Jantung

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 21 Februari 2022 10:57WIB
Kebiasaan bisa menyebabkan penyakit jantung.

Penyakit jantung menjadi salah satu pembunuh nomor satu di dunia. Siapa saja bisa terserang penyakit jantung, apalagi bagi mereka yang memiliki faktor risiko.

Selain faktor risiko, ada beberapa kebiasaan yang bisa membahayakan jantung. Kebiasaan ini umumnya dilakukan sehari-hari.

Penyakit jantung dapat dicegah dengan penerapan pola hidup sehat. Konsumsi asupan dengan gizi seimbang, tingkatkan aktivitas fisik, dan hindari stres.

Selain itu, Anda juga bisa menghindari beberapa kebiasaan buruk berikut.

1.Terlalu banyak makan

Obesitas menjadi salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Obesitas umumnya disebabkan oleh kebiasaan makan dalam porsi berlebih.

Kadar lemak yang tinggi dalam darah dapat memicu penyumbatan akibat plak yang menumpuk pada pembuluh darah.

Untuk itu, Anda disarankan untuk mengontrol porsi makan demi menjaga berat badan tetap ideal dan terhindar dari penyakit jantung.

2.Jarang bergerak

Kebiasaan yang membahayakan jantung lainnya adalah jarang bergerak, atau yang kini dikenal dengan istilah ‘sedentary lifestyle’.

Di zaman kiwari, banyak orang yang kurang melakukan aktivitas fisik. Berbagai kemudahan membuat seseorang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk.

Padahal, jarang bergerak dapat memicu penimbunan lemak dan gula darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.

Dalam rangka pencegahan, Anda disarankan untuk berolahraga secara rutin. Orang dewasa disarankan melakukan aktivitas fisik selama 150 menit per pekan. Durasi ini cukup membantu menurunkan kolesterol dan memperkuat otot jantung.

Tak perlu melakukan olahraga berat. Cukup lakukan dengan berjalan santai, membersihkan rumah, atau bahkan naik turun tangga.

3.Stres

Stres dan depresi bukan semata-mata masalah psikologis. Kondisi mental yang kacau justru menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Stres bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah. Kondisi itu memaksa jantung bekerja terlalu keras dan bisa menyebabkan kerusakan permanen.

Untuk itu, Anda disarankan sebisa mungkin mengelola stres yang dialami. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti berolahraga, meditasi, yoga, melakukan hobi atau hal-hal yang disukai. Atau, jika diperlukan, Anda bisa langsung mendatangi psikolog profesional untuk mengatasinya.

4.Merokok

Merokok menjadi salah satu kebiasaan buruk yang merusak jantung. Penyebabnya adalah kandungan kimia karbonmonoksida yang ada pada rokok.

Kandungan tersebut dapat menurunkan jumlah oksigen dalam sel darah merah dan merusak jantung.

Kebiasaan merokok ini berlaku sama bagi kedua jenis rokok, baik batangan maupun elektrik.

5.Konsumsi minuman beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol dalam porsi berlebih berpotensi memicu gangguan pada jantung.

Konsumsi minuman beralkohol dalam sehari disebut berisiko meningkatkan kadar trigliserida yang bisa menyebabkan oksidasi asam lemak terganggu.

Tak hanya itu, minuman beralkohol juga bisa memicu tekanan darah tingga dan peningkatan kadar lemak dalam darah.

Hindari beberapa kebiasaan yang membahayakan jantung di atas agar Anda tetap sehat. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…