6 Diet Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 18 Februari 2022 09:05WIB
Diet Sehat

Penyakit jantung menjadi penyebab kematian utama di dunia. Kalau kamu mau kesehatan jantung terjaga, coba ikuti 6 pola diet terbaik ini.

Selain rajin olahraga dah tidak merokok, cara terbaik menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjalani pola makan sehat. Asupan nutrisi yang tepat bisa membuat kesehatan jantung optimal.

Peneliti membuktikan makanan tinggi serat, lemak sehat, dan antioksidan sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung. Semuanya bisa didapat melalui 6 diet ini.

Mengutip Healthline (17/2/2022), inilah 6 diet terbaik untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Diet Mediterania

Diet Mediterania didasarkan pada pola makan tradisional orang-orang yang hidup di Yunani dan Italia Selatan pada tahun 1960. Secara keseluruhan diet ini menekankan pada konsumsi makanan utuh dan minim olahan. Beberapa diantaranya adalah bijian utuh, kacang-kacangan, buah, sayur, ikan, dan minyak zaitun extra virgin.

Diet Mediterania juga menyarankan konsumsi secukupnya seperti daging unggas, telur, produk susu rendah lemak, dan red wine. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat sehat diet Mediterania seperti mengurangi risiko penyakit jantung dan faktor risiko penyakit jantung seperti kolesterol serta trigliserida tinggi. Diet Mediterania juga bisa mencegah obesitas, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

2.Diet DASH

Diet DASH sebenarnya dirancang untuk membantu mencegah dan mengatasi pasien hipertensi. DASH sendiri mengacu pada singkatan Dietary Approaches to Stop Hypertension.

Seperti halnya diet Mediterania, diet DASH tidak memiliki daftar makanan ketat. Diet ini hanya merekomendasikan jumlah spesifik konsumsi kelompok makanan tertentu berdasarkan kebutuhan kalori setiap orang.

Diet DASH juga diimbangi dengan fokus konsumsi bijian utuh, buah, sayuran, produk dairy rendah lemak, dan daging minim lemak. Kemudian batasi konsumsi daging merah, bijian olahan, dan gula tambahan.

Hal terpenting lainnya, konsumsi garam dibatasi tak lebih dari 1 sendok teh per hari atau bahkan 3/4 sendok teh per hari. Langkah ini secara ilmiah terbukti bisa mengurangi tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

3.Diet vegan dan vegetarian

Diet terbaik selanjutnya untuk kesehatan jantung adalah vegan dan vegetarian. Pelaku diet ini fokus mengonsumsi bahan makanan nabati dan mengeliminasi produk hewani beserta turunannya, pada vegan.

Makanan yang dikonsumsi fokus pada ragam buah, sayur, kacang-kacangan, produk kedelai, gandum utuh, biji-bijian, dan aneka sumber minyak serta lemak nabati. Proporsi konsumsi makanan nabati yang besar ini dikaitkan dengan asupan serat, antioksidan, serta senyawa antiinflamasi yang tinggi. Kombinasi hal ini sangat menguntungkan kesehatan jantung secara umum.

Lalu beberapa ulasan ilmiah menemukan kalau pelaku diet vegan dan vegetarian memiliki faktor risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Misalnya tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, dan kadar gula darah yang tak terkontrol.

4.Diet Flexitarian

Mengenal Diet Flexitarian untuk Menurunkan Berat BadanDiet Flexitarian disukai karena menawarkan fleksibilitas dan bagus untuk menyehatkan jantung. Foto: Getty Images/pixdeluxe

Diet flexitarian kian digemari karena menawarkan fleksibilitas. Diet yang diciptakan Dawn Jackson Blatner ini memungkinkan pelakunya mengonsumsi daging, ikan, produk dairy, dan produk hewani lain dalam jumlah secukupnya. Dengan konsumsi utamanya tetap pada makanan nabati.

Kemudian diet ini meminta pelakunya memperbanyak konsumsi makanan utuh, minim olahan, dan mengurangi gula tambahan, daging olahan, dan produk makanan kemasan. Manfaat diet ini dipercaya tak jauh berbeda dengan diet vegan dan vegetarian untuk kesehatan jantung.

5.Diet TLC

Diet TLC atau Therapeutic Lifestyle Changes dikembangkan oleh National Institutes of Health (NIH) di Amerika Serikat untuk mengurangi risiko sakit jantung dan stroke. Diet ini juga merekomendasikan hal-hal yang bisa mengatur kadar kolesterol dan berat badan seseorang agar lebih sehat.

Beberapa yang dianjurkan adalah olahraga 30 menit per hari, mengasup 25-35% kalori harian dari lemak sehat, membatasi asupan lemak jenuh tak lebih 7% dari kebutuhan kalori harian, batasi asupan kolesterol tak lebih dari 200 mg per hari, konsumsi 10-25 gram sumber serat larut tiap hari, dan beberapa lainnya.

6. Diet rendah karbohidrat

Satu lagi diet yang bagus untuk kesehatan jantung, diet rendah karbohidrat. Pasalnya diet ini juga membatasi asupan protein atau lemak tinggi yang konsumsinya kerap merugikan kesehatan jantung. Tergantung pada jenisnya, diet karbohidrat bisa membatasi 10-40% asupan kalori harian.

Penelitian menyarankan diet rendah karbohidrat bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti kelebihan berat badan, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Sementara itu, diet ini juga disebut bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…