Dahsyat! Buah & Tanaman Ini Bisa Turunkan Nyeri Asam Urat

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 13 Februari 2023 09:49WIB
Asam urat

Asam urat atau Gout merupakan penyakit yang terjadi kala kadar purin dalam darah terlalu tinggi. Penyakit ini tidak bisa dianggap enteng karena penyakit ini menyerang persendian dan tidak mengenal usia penderita.

Asam urat bisa menyerang persendian manapun dalam tubuh. Namun, kondisi lebih sering ditemukan pada ujung jari tangan, pergelangan tangan, dan lutut kaki. Tidak jarang juga keluhan ini muncul pada malam hari.

Penyakit asam urat tidak bisa disembuhkan secara total, namun penyakit asam urat bisa dikendalikan dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Beberapa buah dan tanaman berikut ini bisa menurunkan kadar asam urat. Simak informasinya:

  1. Buah ceri

Menurut survei 2016 yang dipublikasikan di PubMed Central, buah ceri adalah obat rumahan yang sangat populer dan berpotensi mengobati asam urat bagi banyak orang. Satu studi pada 2012 dan lainnya pada tahun yang sama juga menyatakan bahwa ceri dapat bekerja untuk mencegah serangan asam urat.

  1. Magnesium

Magnesium adalah mineral makanan. Beberapa mengklaim magnesium baik untuk asam urat karena kekurangan magnesium dapat memperburuk stres inflamasi kronis dalam tubuh, meskipun belum ada penelitian yang membuktikan hal ini.

Namun, sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa magnesium yang cukup dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat. Ini berlaku untuk pria tetapi tidak untuk wanita dalam penelitian ini.

  1. Jahe

Jahe adalah bumbu tradisional yang sering dijadikan ramuan untuk kondisi peradangan. Kemampuannya untuk membantu asam urat didokumentasikan dengan baik.

Satu studi yang dipublikasikan di International Journal of Scientific & Technology Research menemukan bahwa jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Studi lain menunjukkan bahwa pada subjek dengan kadar asam urat tinggi (hiperurisemia), kadar asam urat serum mereka berkurang dengan jahe.

  1. Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit

Air hangat yang dicampur dengan Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit masing-masing sering direkomendasikan untuk pengobatan asam urat.

Campurkan jus dari satu perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Campurkan dengan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Sesuaikan dengan selera. Minum dua sampai tiga kali sehari.

  1. Seledri atau biji seledri

Seledri adalah makanan tradisional yang digunakan untuk mengobati banyak masalah kesehatan. Untuk asam urat, ekstrak dan biji seledri telah menjadi pengobatan rumahan yang populer.

Penggunaan eksperimental menunjukkan seledri bisa mengurangi sakit karena asam urat dengan baik, meskipun penelitian ilmiah tentang ini masih sedikit.

  1. Kembang sepatu

Kembang sepatu sering dijadikan obat tradisional yang digunakan untuk mengobati asam urat. Satu penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat, meskipun penelitian ini baru dilakukan pada tikus.

  1. Apel

Apel mengandung asam malat, yang menurunkan asam urat. Makan satu apel per hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Buah ini juga mungkin sedikit bermanfaat untuk asam urat, tetapi hanya jika tidak menambah konsumsi gula harian yang berlebihan. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…