Ketupat Sajian Khas dan Wajib Saat Lebaran

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 5 Mei 2022 10:15WIB
Katupat yang selalu disajikan setiap Lebaran Idul Fitri

Sejumlah kebiasaan atau tradisi yang dilakukan masyarakat, khususnya umat Muslim saat merayakan lebaran. Kebiasaan tersebut salah satunya menyajikan makanan lebaran.

Bicara terkait dengan jenis makanan yang disajikan saat lebaran, maka sering kali dijumpai adalah hidangan ketupat, yakni makanan yang berbahan dasar beras. Rasanya tak jauh berbeda dengan nasi pada umumnya, namun ketupat membawa ciri khasnya sendiri, karena dimasak dalam keadaan terbungkus anyaman daun.

Hj Nunik, warga Kota Palangka Raya mengatakan, makanan ketupat menjadi makanan khas dan wajib yang selalu disuguhkan kepada keluarga, kerabat maupun handai taulan saat lebaran.

“Iya, ketupat menjadi makanan lebaran wajib,” ucapnya, Kamis (5/5/2022).

Seperti kebiasaan yang sudah-sudah lanjut Nunik, hidangan ketupat biasanya disajikan bersama dengan menu lezat lainnya, seperti lontong, opor ayam dan lain-lain.”Jenis-jenis makanan ini sudah menjadi hidangan yang ditunggu-tunggu untuk disantap bersama usai salat Idulfitri,”tambahnya.

Ditambahkan Nunik, biasanya, tiga hari sebelum lebaran, keluarga membeli terlebih dahulu ketupat dadakan, yang banyak dijual dipasar tradisional.

“Karenanya harus disiapkan jauh jauh hari membeli ketupatnya, karena lebaran di tahun 2022 ini masyarakat diperbolehkan untuk mudik dan berlebaran bersama keluarga, sehingga bisa dipastikan tingginya kerinduan menyantap ketupat lebaran,”ujarnya

Ditambahkan Nunik, menyuguhkan hidangan ketupat lebaran ini sudah
menjadi budaya dan tradisi umat Islam setiap menyambut lebaran, atau usai menunaikan ibadah puasa Ramadan.

“Ketupat lebaran ini memang sarat makna dalam tradisi budaya umat Islam. Terutama mengandung unsur filosofi dalam menyambut hari kemenangan usai mengalahkan haus dan lapar,”tutup Nunik. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…