Kurangi Penggunaan Gadget Saat Puasa agar Tidur Lebih Berkualitas

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Minggu, 17 Maret 2024 15:37WIB
Penggunaan Gadget sebelum tidur

Mengurangi waktu yang dihabiskan di depan layar gadget dapat membantu memperbaiki kualitas tidur selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. 

Hal ini karena paparan cahaya biru yang dihasilkan oleh layar elektronik, seperti smartphone, tablet, atau komputer dapat mengganggu ritme tidur alami tubuh.

Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Ngabila Salama mengatakan, mengurangi penggunaan perangkat elektronik menjelang tidur memang lebih baik dihindari.

Sebagai gantinya dianjurkan, melakukan aktivitas yang menenangkan seperti mandi air hangat sebelum tidur, dan mematikan lampu sehingga dapat membantu memperbaiki kualitas tidur. 

“Kurangi screen time dan jauhkan ponsel di malam hari ya, termasuk juga cahaya dari televisi, laptop, dan lain-lain,” katanya, Minggu (17/3/2024).

Ia melanjutkan, aktivitas seperti bekerja menggunakan komputer, mengerjakan pekerjaan rumah, sampai menghitung tagihan sebaiknya tidak dilakukan menjelang waktu tidur malam karena bisa membuat tidur terganggu.

“Karena puasa sudah membuat kita kurang tidur, hindari begadang di akhir pekan agar jadwal tidur kita tetap terjaga,” ujarnya.

Menurutnya, tidur nyenyak dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan sel T yang berperan penting bagi sistem kekebalan tubuh serta membantu menurunkan stres.

“Jadi, usahakan maksimal pada pukul 21.00 atau 22.00 kita sudah tidur, agar bisa terpenuhi kebutuhan tidurnya minimal 7 jam dalam sehari,” jelasnya.

Apabila tidak bisa mulai tidur pada pukul 21.00 atau 22.00, maka diusahakan bisa tidur selama enam jam dalam sehari dengan menambah waktu tidur pada siang hari.

Ngabila menyampaikan, kurang tidur dapat menimbulkan gangguan seperti susah berkonsentrasi, mudah lupa, dan merasa mengantuk sepanjang hari. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…