KUYANG – Novel Karya Penulis Kalimantan Tengah Telah Diadaptasi Menjadi Film

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Senin, 11 Maret 2024 15:51WIB
Penulis novel KUYANG Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai

Novel karya penulis asal Provinsi Kalimantan Tengah telah diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama, `Kuyang Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai`.

Film “Kuyang Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai” diadaptasi dari novel Achmad Benbela, penulis dan jurnalis yang lahir di Kota Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Selama ini latar atau kultur perfilman Indonesia ini berlatar daerah Jawa atau Sunda, dengan film Kuyang diharapkan memberi sesuatu yang baru yang segar, yaitu dari Kalimantan,” kata Achmad Benbela saat dihubungi dari Sampit, Sabtu (9/3/2024).

Achmad Benbela, yang biasa dipanggil Beben, berharap film yang dibuat berdasarkan cerita dalam novelnya mendapat tanggapan positif. Jurnalis televisi yang bertugas di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, tersebut memotivasi orang Kalimantan untuk menunjukkan bakat mereka.

“Mari kita tunjukkan kalau kita tidak kalah bersaing dengan daerah lainnya, baik itu di bidang seni, fotografi, dan lainnya,” kata Beben.

Film “Kuyang Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai” ditayangkan di bioskop-bioskop Tanah Air mulai 7 Maret 2024.

Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati mengaku bangga novel karya penulis Kalimantan Tengah dibuat menjadi film.

“Alhamdulillah, kami nonton bareng film karya anak asli Kalimantan Tengah. Intinya kami sangat bangga dan mengapresiasi,” katanya.

“Alur ceritanya sesuai dengan legenda kita di Kalimantan, mengingatkan kita dengan cerita nenek moyang kita dulu. Tentang suku-suku pedalaman dengan cerita mistisnya,” ia menambahkan.

Irawati mengemukakan bahwa banyak cerita legenda di Kalimantan yang bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk menghasilkan karya seni. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…